Jumlah Guru Honorer yang Terima Tunjangan Naik 100 Persen

Selasa,22 September 2015 | 20:49:41 WIB
Jumlah Guru Honorer yang Terima Tunjangan Naik 100 Persen
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

JAKARTA- Komisi X DPR dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sepakat jumlah guru honorer yang menerima tunjangan pada 2016 akan ditingkatkan 100 persen atau naik dua kali lipat.

Hal ini merupakan hasil dari rapat kerja anggaran antara Komisi X yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X, Ridwan Hisjam, dan Kemdikbud yang dipimpin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, di Gedung DPR, Selasa (22/9/2015).

Berdasarkan data awal, jumlah guru honorer tercatat berjumlah 46.000 orang. Artinya, pada 2016, jumlah guru honorer yang mendapatkan tunjangan akan mencapai 92.000 orang.

Anggota Komisi X dari Fraksi Golkar, Zulfadli, mengusulkan kebijakan dan mekanisme pemberian tunjangan bagi guru honorer tersebut diserahkan sepenuhnya pada Kemdikbud. "Kita serahkan sepenuhnya kebijakan dan mekanisme pada Mendikbud. Karena penetapan APBN masih akhir Oktober,” kata Zulfadli.

Dalam raker tersebut, Komisi X menyorot Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan. Komisi meminta Kemdikbud mengevaluasi kebijakan DAK pendidikan sebesar Rp 10 triliun yang dalam 5 tahun terakhir ini tidak terserap dengan maksimal.

Ke depan, DPR berharap prioritas penggunaan DAK dapat dilakukan dengan komposisi 60 persen kebutuhan fisik dan sisanya 40 persen mutu. Selain itu, diusulkan pula peningkatan kualitas pada rehabilitasi ruang kelas, penyediaan fasilitas olahraga dan seni, ruang ibadah, ruang multi guna, dan sarana pendidikan lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi, Ridwan Hisjam, mengatakan, selain tunjangan guru honorer dan DAK, Komisi X juga mendorong Kemdikbud untuk melakukan perbaikan terhadap petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak juknis) pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dinilai sebagai dasar pendidikan nasional.



Sumber : beritasatu.com

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY