Tak Bisa Berharap dari Pemerintah

Forum Dosen Muda Surati WHO dan UNICEF

Kamis,08 Oktober 2015 | 16:51:35 WIB
Forum Dosen Muda Surati WHO dan UNICEF
Ket Foto : Forum Dosen Muda menggelar konferensi pers terkait dengan kabut asap di Provinsi Riau, Kamis (8/10/2015).

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Forum Dosen Muda Riau prihatin terhadap kabut asap yang melanda Provinsi Riau. Mereka tak bisa berharap lagi dari pemerintah, sehingga dalam waktu dekat akan menyurati World Health Organization (WHO) dan United International Children's Fund (UNICEF) agar turut perduli dengan kondisi Riau.

Hal itu disampaikan Dr Syawal Syatibi, salah satu yang tergabung dalam Forum Dosen Muda Riau, Kamis (8/10/2015). "Kami sudah menyiapkan surat  dalam bahasa Inggris, dalam waktu dekat ini segera dikirimkan ke WHO dan UNICEF," ujarnya.

Keprihatinan terhadap kondisi Provinsi Riau ini, ujar Dr Syawal, harus dilakukan dengan upaya yang menyeluruh. Dr Syawal menyerukan kepada masyarakat Riau agar memantau secara reguler, proses pencabutan izin perusahaan yang diduga terkait dengan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Begitu juga dari sisi produknya, Dr Syawal mengimbau agar produk kayu dan crude palm oil (CPO) perusahaan yang telah merenggut hak asasi masyarakat Riau diboikot. "Mereka mengambil keuntungan dengan menyiksa masyarakat Riau," ucap Dr Syawal.

Sementara itu, Ners Arnelawati menanggapi dari sisi kesehatannya. Menurutnya, kabut asap yang menyelimuti Riau sangat berbahaya. Pihaknya bersama dengan tenaga kesehatan lain, sudah melakukan tindakan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mendatangi beberapa keluarga. "Terutama balita, ibu hamil dan lansia. Kami ada kunjungan ke rumah," ucap Ners Arnelawati.

Begitu juga menurut salah seorang tenaga kesehatan yang lain, dalam jangka panjang, masyarakat Riau bisa terserang kanker paru-paru, karena partikel-partikel kecil yang dihirup masuk ke paru.


Penulis : Edwar Pasaribu
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY