Wawako Buka Lomba Perpustakaan Sekolah

Sabtu,24 Oktober 2015 | 13:31:49 WIB
Wawako Buka Lomba Perpustakaan Sekolah
Ket Foto : Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menghadiri event penilaian Dewan Juri Lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Tingkat Nasional Tahun 2015, Sabtu (24/10/2015).

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)– Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menghadiri event Penilaian Dewan Juri Lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Tingkat Nasional Tahun 2015, Sabtu (24/10/2015).  

Acara tersebut dihadiri Dewan Juri Nasional, Sudirwan Hamid, Iman Tholkhah, Drs Nurcahyono, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Kepala Kementerian Agama Pekanbaru,  anggota DPRD, Ketua LAM Pekanbaru dan Camat serta jajaran Pemko.

Wakil Waliota Pekanbaru Ayat Cahyadi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada dewan juri lomba perpustakaan SLTA tingkat nasional di Pekanbaru.

Adapun jumlah perpustakaan sekolah negeri dan swasta se-Kota Pekanbaru yang telah dilakukan pembinaan oleh BPA Pekanbaru, adalah sebanyak 73 untuk SD/MI, 16 untuk SMP/MTS, dan 27 untuk SMA/SMK/MA.

Untuk itu, sebagaimana termaktub dalam Peraturan Pemerintah Republik Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-undang  Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Sekolah atau Madrasah sebagai satuan pendidik memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidik.

Wakil Walikota juga mengatakan peserta lomba perpustakaan adalah pemenang lomba perpustakaan SLTA tingkat provinsi. Untuk tingkat Provinsi Riau, perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru terpilih sebagai pemenang lomba.

Tentunya prestasi yang membanggakan sudah selayaknya diapresiasi sesuai peran dan fungsi masing-masing. "Harapan dari pemerintah, pencapaian perpustakaan  MAN 1 dapat menjadi stimulan dan motivator bagi sekolah-sekolah lain di Riau baik negeri maupun swasta dan khususnya di Pekanbaru," kata Wawako.

Selanjutnya dengan pencapaian di tingkat provinsi dapat berlanjut dengan pencapaian di tingkat nasional di tahun 2015 dan di masa mendatang, sehingga tujuan diadakannya lomba sebagai salah satu gerakan  “ Indonesia Gemar Membaca 2019” yang dicanangkan pemerintah dalam skala nasional dapat bersinergi dengan upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) dalam urusan wajib perpustakaan maupun urusan wajib pendidikan. (rls/war)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY