Empat Tahun, RE Siak Naik 37 Persen

Selasa,24 November 2015 | 15:54:40 WIB
Empat Tahun, RE Siak Naik 37  Persen
Ket Foto : Kepala Distamben Siak, Amin Budiyadi

SIAK (jurnalmetronews.com)- Beroperasinya dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat berkekuatan 100 KWp di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, akhirnya membikin rasio elektrifikasi (RE) PLN di Kabupaten Siak kian membaik.

Dari yang tadinya berada di angka 33,93 persen di tahun 2011, menjadi 57,04 persen di tahun 2015. Ini berarti selama empat tahun, RE Kabupaten Siak melonjak 23,11 persen. Sebenarnya angka ini di atas 70 persen jika ditambah dengan upaya yang sudah dilakukan oleh Pemkab Siak 4 tahun belakangan.

Lonjakan ini tak lepas dari upaya Pemkab Siak menggeber program listrik di 'Negeri Istana' itu. Selama 4 tahun tadi, sudah 310,73 KMs Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang dibangun, 488,14 Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan 81 unit Trafo. Belum lagi pembangunan PLTS dan listrik desa yang bertebaran di 131 desa/kelurahan yang ada di Siak.

Alhasil dari yang tadinya 74 desa/kampung belum teraliri listrik, sekarang tinggal 22 desa/kampung. Angka ini pun akan segera berkurang lantaran tahun depan kawasan Sungai Mandau juga bakal segera dialiri arus listrik.

Pemkab Siak sudah mengirim surat permohonan ke Kementerian Desa di Jakarta untuk membangun PLTS di tiga desa yang ada di Sungai Mandau."Mudah-mudahan permohonan itu terkabul," ujar Kadistamben Siak Amin Budyadi usai mendampingi Bupati Siak Syamsuar meresmikan dua unit PLTS berkapasitas masing-masing 50 KWp di Desa Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit tadi siang. (lil)
-
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY