FKPT, BNPT dan Polda Teken Kesepakatan Pencegahan Teroris

Dibaca: 453 kali  Senin,30 November 2015 | 20:21:00 WIB
FKPT, BNPT dan Polda Teken Kesepakatan Pencegahan Teroris
Ket Foto : Polda, BNPT dan FKPT menandatangani kesepakatan (MoU) bersama pencegahan bersama tentang pencegahan dini organisasi terlarang, Senin (30/11/2015).

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) serta Kepolisian Daerah (Polda Riau) melakukan penandatanganan MoU atau kesepakatan bersama tentang pencegahan dini organisasi terlarang (ISIS dan terorisme) di Hotel Alpha, Jalan H Imam Munandar, Senin (30/11/2015).

Dalam acara yang bertemakan "Damailah Indonesia ku, Jayalah Negeri ku" dihadiri Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan yang diwakili oleh Dirbinmas Polda Riau, Kombes Pol Sugiyono dan ketua FKPT Riau Nizhamul. Adapun isi dari MoU itu adalah melakukan pencegahan terhadap tindakan radikalisme dan terorisme yang ada di Provinsi Riau dan melakukan edukasi terhadap masyarakat tentang masalah terorisme.

Selain itu, Sugiyono menyampaikan, peran media massa juga sangat penting. Media massa berperan sebagai penyambung lidah kepada masyarakat. "Dengan adanya kerjasama dengan media, juga berdampak positif dan bisa memberitahu kepada masyarakat tentang indikasi radikalisme itu ada," ujarnya. Dengan adanya media, lanjutnya, dapat mencegah secara dini dan bisa mengantisipasi terindikasinya terorisme, sedangkan di masyarakat pihak Kepolisian juga sudah mengantisipasi dari RT/RW sudah ada Bhabinkamtibmas. "Secara keseluruhan ditarik keatas dan mempunyai peran masing-masing," jelasnya.

Langkah-langkah yang diambil untuk mencegah terjadinya radikalisme dan terorisme, antara lain mengedukasi kepada masyarakat tentang paham ini agar tidak terlibat dalam radikalisme. "Serta melakukan patroli ditempat di daerah rawan yang sudah dipetakan," tambahnya.

Dari kedua langkah tersebut, apabila tidak bisa dilakukan lagi, aspek terkecil yang akan dilakukan adalah penegakan hukum."Lebih banyak porsinya ke pencegahan," pungkasnya. (vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY