Advertorial

E Goverment dalam Rangka Mewujudkan Pemerintah yang Handal dan Terpercaya

Kamis,03 Desember 2015 | 22:23:00 WIB

Reformasi birokrasi menuntut terbentuknya sistem kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan. E-Goverment merupakan penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi

Dengan E-government yang memanfaatkan teknologi informasi, sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien. Ketersediaan  informasi yang transparan dan setiap saat dapat diakses oleh masyarakat, telah mendapat tanggapan positif dari pemerintah, termasuk di Riau.

Pemerintah Provinsi Riau mendukung pelaksanaan E Goverment dengan menjalankannya sudah sejak setahun yang lalu. Program itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Intruksi Presiden RI, Joko Widodo yang mengedepankan transparansi publik. "Kita terapkan di seluruh SKPD se-Provinsi Riau," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam satu kesempatan, beberapa waktu lalu.

E-government (E-gov) adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien. Oleh karena itu, ada dua hal utama dalam pengertian E-Government, salah satunya adalah penggunaan teknologi informasi seperti internet sebagai alat bantu.


Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman memberi penjelasan tentang E Goverment

 

Plt Gubernur Riau Kunjungi Rapat Koordinasi Pemantapan E-Government

Provinsi Riau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah menjalankan E-Government. Semua sistem pemerintahan termasuk berkaitan dengan keterbukaan informasi publik telah dijalankan. Dengan sistem pelayanan modern ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang tersedia selama 24 jam, tanpa harus menunggu dibukanya kantor.

E-Government juga membuat Pemprov Riau melalui Diskominfo menjaring informasi dari seluruh kabupaten/kota untuk disiarkan dalam website yang dinamai; mediacenter.riau.go.id. Website pemberitaan resmi ini bahkan telah menempati posisi sebagai penjaring informasi terbaik dan paling berkualitas di Indonesia.

Plt Gubernur menyampaikan, pentingnya E-Government diterapkan di pemerintahan, selain dimudahkan dengan administrasi yang dilakukan secara manual, E Goverment dianggap dapat mempermudah sistem administrasi berbasis elektronik yang disediakan Diskominfo Pemerintah Provinsi Riau. Ke depannya, Plt Gubernur berharap aplikasi E-Office sudah bisa berjalan dengan baik dan lancar di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Riau.

Penerapan E-Governmant dalam rangka menjawab keingan masyarakat tentang keterbukaan, dan transparansi informasi publik. Melalui penarapan E-Governmet diharapkan, partisipasi publik dalam melakukan kontrol dan memberi masukan dalam program-program kerja pemerintah bisa ditingkatkan, karena itulah perlu terlebih dahulu diterapkan sistem keterbukaan informasi publik ini. "Salah satunya adalah melalui E-Government ini, jika masyarakat tak tahu, bagaimana mereka bisa ikut berpartisipasi," ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengunjungi rapat pemantapan E Goverment.

Terhadap penerapan E-Government ini akan diberikan pelatihan kepada SKPD. Dari hasil survei tim percepatan E-Government Pemprov Riau dapat disimpulkan tahap awal penerapan e-Goverment sudah dapat diimplementasikan. Untuk yang siap melaksanakan E-Government secara keselurahan, yakni siap secara sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini admin E-Office, berikutnya siap infrastruktur jaringan dan perangkat pendukung aplikasi. (Advetorial)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY