Yonif 132/BS Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Jumat,04 Desember 2015 | 12:13:20 WIB
Yonif 132/BS Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana Alam
Ket Foto : Personil TNI dari Batalyon Infanteri 132/Bimasakti mengikuti pelatihan penanggulangan bencana alam, Jumat (4/12/2015). Foto : Penrem

RUMBAI (jurnalmetronews.com) - Batalyon Infanteri 132/Bimasakti mengikuti latihan penanggulangan bencana yang diikuti seluruh satuan jajaran Korem  031/Wirabima, Jumat (4/12/2015).

Latihan yang dilaksanakan di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Jalan Pramuka, Pekanbaru tepatnya di Danau Buatan dan ditinjau langsung Kasrem 031/Wirabima, Kolonel Czi I Nyoman Parwata.

Latihan ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana alam, khususnya bencana banjir, dikarenakan saat ini sudah memasuki musim hujan ditambah dengan curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa minggu terakhir. Sebagian wilayah di Provinsi Riau yang berlangganan banjir menjadi fokus sasaran dari latihan ini nantinya.

Kegiatan latihan yang dipimpin Letkol Inf Saad Mianta, selaku Kasi Ops Korem 031/Wirabima tersebut diawali dengan teori kemudian dilanjutkan latihan tekhnis. Ada beberapa materi yang dilatihkan, di antaranya cara menyelamatkan korban yang terjebak banjir dan mengalami luka yang serius seperti patah tulang tangan dan kaki, penanganan korban, seperti ini harus memiliki teknik khusus dan penuh ke hati-hatian.

Prajurit Yonif 132/BS juga dilatihkan mempersiapkan infrastruktur non-permanen seperti tenda, MCK, dapur umum dan tim kesehatan. Latihan penanggulangan bencana banjir tersebut juga diikuti Tim SAR dari Provinsi Riau, karena nantinya TNI dan SAR akan bekerjasama dalam menangani bencana alam. (Penrem/vir)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY