Kemenhub RI Bantu 50 unit Bus Way untuk Pekansikawan

Senin,14 Desember 2015 | 21:01:08 WIB
Kemenhub RI Bantu 50 unit Bus Way untuk Pekansikawan
Ket Foto : Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pekanbaru, Ir Dedi Gusriadi, MT membuka rapat koordinasi kerjasama kawasan Pekansikawan di Hotel Premiere, Senin (14/12/2015).

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Ir Dedi Gusriadi, MT mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia akan membantu 50 unit bus way untuk menunjang pelaksanaan kerjasama kawasan Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

“Ke lima puluh unit bus way tersebut akan tiba sekitar bulan April 2016, nantinya akan melayani rute Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kampar dan Kabupaten Pelalawan guna menunjang kerjasama kawasan Pekansikawan,” kata Asisten Dua.

Dedi Gusriadi minta kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Pekanbaru untuk berkoordinasi dengan 3 Dinas Perhubungan kabupaten untuk menentukan nama bus way, trayek, koridor, dan jalur transportasi yang akan dilalui oleh bus way tersebut.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pekanbaru, Ir Dedi Gusriadi, MT saat membuka secara resmi rapat koordinasi kerjasama kawasan Pekansikawan di Hotel Premiere , Senin (14/12/2015).

Menurut Dedi Gusriadi, konsep yang dibuat Pemko dan Pemkab tentang kerjasama kawasan Pekansikawan ini sama dengan konsep yang dibuat Pemerintah Kota Jabodetabek guna meningkatkan transportasi darat dan percepatan pembangunan daerah yang tergabung di 4 kabupaten/kota. “Dalam melanjutkan kerjasama kawasan Pekansikawan perlu percepatan pembuatan master plan supaya out putnya terdapat  benang merah  di dalamnya, yakni terkait tanggung jawab bagi kabupaten kota tentang  penganggaranya karena dananya sudah dianggarkan pada tahun anggaran 2016,” lanjut Dedi Gusriadi.

Pada rapat koordinasi kerjasama kawasan Pekansikawan, pihak penyelenggara menghadirkan pemateri I Nyoman Suartawan, Kasubdit Administrasi Kawasan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri yang mengangkat tema urgensi kerjasama dalam mewujudkan pembangunan kawasan perkotaan berkelanjutan.

Menurut I Nyoman Suartawan, Pekanbaru layak dijadikan sebagai kota metropolitan, karena sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan, yakni jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa yang berdasarkan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2008, tentang RTRWN, dan saat ini penduduk Kota Pekanbaru berjumlah 1,1 juta jiwa.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Setda Kota Pekanbaru, H Zulkarnain sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara mengatakan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan sudut pandang antara kabupaten kota terkait percepatan terwujudnya kerjasama kawasan pekansikawan. (hms/des)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY