KM Meranti Ditangkap Satpol Air Bawa 5 Ton Bawang Ilegal

Senin,28 Desember 2015 | 16:54:27 WIB
KM Meranti Ditangkap Satpol Air Bawa 5 Ton Bawang Ilegal
Ket Foto : Satpol Air Polres Dumai menangkap KM Meranti yang mengangkut 5 ton bawang ilegal beserta nakhoda dan ABK, Sabtu (26/12/2015) sekitar pukul 02.00 WIB.

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Anggota Polisi Air Polres Dumai melakukan penangkapan terhadap kapal KM Meranti yang mengangkut bawang merah ilegal sebanyak 5 ton asal Malaysia di depan Kuala Sei Selinsing, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Sabtu (26/12/2015) sekitar pukul 02.00 WIB.

Dari penangkapan itu, juga diamankan seorang nahkoda kapal bernama Amrizal (44) warga Sri Injab, Rapat serta 3 Anak Buah Kapal (ABK), Ahmad Yani, Suryono, Rusman dan pemilik kapal M Hardi warga Teluk Belitung, Selat Panjang.

"Anggota mendapatkan informasi dari masyarakat ada kapal KM Meranti (GT 6) nomor 1483 yang sedang berlabuh di TKP dengan membawa muatan bawang merah sebanyak lima ton," ujar Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Untuk memastikan informasi tersebut, lanjut Guntur, Polair langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Ternyata benar, sesampainya di TKP ditemukan satu unit kapal motor yang sedan melakukan bongkar muatan dan ketika ditanyai tidak dapat menunjukan surat persetujuan berlayar, karantina hewan, ikan dan tumbuhan yang sah.

Selain itu, para pelaku juga tidak dapat menunjukan surat persetujuan berlayar yan dikeluarkan oleh Syahbandar. Untuk itu, kapal, pelaku dan 3 orang ABK serta muatannya berupa bawang merah 5 ton terpaksa diamankan ke Sat Pol Air Dumai guna pengusutan lebih lanjut.

"Pasal yang diterapkan adalah Pasal 323 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dan Pasal 31 ayat UU Nomor 16 tahun 1992 tentang Karantina hewan, ikan dan tumbuhan," pungkas Guntur.(vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY