Satpol PP Kota Turunkan Baliho dan Reklame tak Berizin

Selasa,29 Desember 2015 | 22:49:15 WIB
Satpol PP Kota Turunkan Baliho dan Reklame tak Berizin
Ket Foto : Personil Satpol PP Kota Pekanbaru melakukan penertiban terhadap reklame dan baliho tak berizin di ruas Jalan Sudirman dan Jalan Arifin Ahmad.

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan razia rutin terkait dengan penertiban baliho dan reklame yang melanggar izin perda di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Pekanbaru, Selasa (29/12/2015).

Razia yang dilakukan selama dua jam di ruas Jalan Sudirman dan Jalan Arifin Ahmad ini, berhasil mengamankan sekitar 59 baliho dan reklame yang melanggar aturan Perda. "Untuk melakukan penertiban reklame dan baliho ini, kita menurunkan 30 anggota Satpol PP," ujar Kasatpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.

Menurut Fahmi, sebagai tim penegak Perda, Satpol PP menjalankan tugas ini sesuai intruksi dari Walikota Pekanbaru. Mereka menyusuri sejumlah ruas jalan yang diduga banyak terpasang baliho dan reklame yang melanggar aturan Perda. "Penertiban ini kami lakukan sesuai dengan Perda Nomor 4 tahun 2011 tentang pajak reklame dan Perwako Nomor 24 tahun 2015 tentang reklame di Pekanbaru," jelasnya.

Selain itu, mereka juga melakukan penertiban berdasarkan surat edaran dari Walikota Pekanbaru, nomor 510.12 tentang larangan pemasangan iklan produk rokok di ruas jalan tertentu, karena banyaknya baliho dan reklame yang tidak memiliki izin, hal tersebut  menyebabkan terjadinya kebocoran terhadap Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) dari pajak reklame serta baliho tersebut.

"Selain reklame dan baliho yang tidak berizin ada juga reklame dan baliho yang memiliki izin. Setelah ditelusuri pemiliknya, ternyata mereka memasang reklame dan baliho sebelum dijatuhkannya izin tayang yang ditetapkan oleh Dispenda Pekanbaru," sebut Fahmi.

Hal ini juga yang membuat terjadinya kebocoran realisasi PAD dari sektor pajak serta membuat Pemerintah Kota Pekanbaru menjadi rugi. Setelah menyisiri ruas Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Sudirman, Satpol PP selanjutnya menyisiri reklame dan baliho yang ada di Jalan WR Supratman. "Kita akan terus melakukan penertiban," ucapnya.(vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY