Dua Pelaku Penebang Pohon di Kawasan Hutan Ditangkap

Selasa,12 Januari 2016 | 10:30:17 WIB
Dua Pelaku Penebang Pohon di Kawasan Hutan Ditangkap
Ket Foto : Polisi meringkus dua pelaku penebang pohon di kawasan hutan secara tidak sah di Desa Sikijang, Kecamatan Logas, Tanah Datar, Kuansing, Senin (11/1/2016).

PEKANBARU (jurrnalmetronews.com) - Kepolisian Resor (Polres) Kuansing berhasil meringkus dua pelaku penebang pohon dalam kawasan hutan secara tidak sah di Greenbel PT RAPP Estate Baserah, Desa Sikijang Kecamatan Logas, Tanah Datar, Kuansing, Senin (11/1/2016).

Kedua pelaku dari warga Desa Perhentian Luas Kecamatan Logas Tanah Datar, Samsirudin alias Samsir (47) dan Enit Ardianto alias Enit (32) ini, tertangkap basah saat menebang pohon di areal tersebut. "Sekitar pukul 14.40 WIB, tim patroli yang menggunakan kendaraan mobil melakukan patroli di areal tersebut. Kemudian mereka mendengar suara mesin Chain Saw," kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Ketika mendengar suara mesin tersebut, membuat para tim patroli merasa curiga. Ketika didatangi ke TKP ternyata ditemukan dua orang yang sedang menebang pohon mengolah kayu hutan di areal PT RAPP. "Lalu terhadap dua orang pelaku beserta barang bukti diamankan ke Polres Kuansing untuk pengusutan lebih lanjut," ujarnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit mesin Chain Saw, satu jerigen kecil berisi oli bekas, satu buah parang, tiga tual kayu bulat, 20 batang kayu olahan bentu bloti. "Pasal yang diterapkan terhadap kedua tersangka adalah Pasal 82 ayat 1 juncto pasal 12 Undang-Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan," ucap Guntur.

Sedangkan untuk barang bukti, lanjutnya, yang belum diserahkan tiga tual kayu bulat dan 20 batang kayu olahan bentuk broti masih dalam perjalanan ke Mapolres Kuansing. (vir)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY