Diskes Provinsi Riau Siap Hadapi MEA

Kamis,14 Januari 2016 | 17:12:30 WIB
Diskes Provinsi Riau Siap Hadapi MEA
Ket Foto : Kepala Diskes Provinsi Riau, Andra Syafril.

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Andra Syafril, Kamis (14/1/2016). "Dalam menghadapi MEA di bidang kesehatan, Provinsi Riau juga punya tenaga ahli di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya," ujarnya.

MEA tidak bisa dihindari dan negara sudah berlakukan komitmen MEA, sehingga hal ini jangan ditakuti justru harus dianggap positif, karena mempermudah masyarakat mendapatkan pekerjaan lebih luas lagi "Hampir di setiap kabupaten sudah ada sekolah-sekolah kesehatan, seperti sekolah kebidanan, keperawatan dan lainnya dan tak tertutup kemungkinan tenaga-tenaga dokter kita bisa berpraktek mandiri di negara lain," terangnya.

Dengan adanya MEA, masyarakat Riau bisa bersaing lebih luas bukan hanya berkutat di negeri sendiri tetapi bisa bersaing di Asean. "Dengan adanya MEA diharapkan tenaga-tenaga medis Riau dapat meningkatkan kompetensinya dan meningkatkan kemampuan berbahasa guna menjadi tenaga medis yang handal dan berdaya saing tinggi," ucapnya.

Untuk tenaga kesehatan asing yang masuk dan bekerja di Indonesia tidak serta-merta dengan mudah bekerja di Riau, karena ada aturan-aturan dan regulasi tersediri. "Tenaga kesehatan asing juga harus terdaftar terlebih dahulu, khusus untuk dokter asing harus diuji dalam kompetensi terlebih dahulu, harus terdaftar di konsil kedokteran Indonesia dan harus magang di Indonesia," tutupnya.(des

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY