TMP Naik Rp 1.000

Tarif Angkot Naik Rp 1.100

Kamis,04 Desember 2014 | 18:20:01 WIB
Tarif Angkot Naik Rp 1.100
Ket Foto :

PEKANBARU -  Tarif angkutan kota (angkot) dan bus kota sebesar Rp 3.600 atau naik Rp 1.100 dari harga biasa Rp 2.500, sudah disetujui dan di SK-kan oleh Walikota Pekanbaru Firdaus. Terhitung Selasa (25/11), tarif baru itu mulai diberlakukan.

"Rp 3.600 tersebut untuk umum dan mahasiswa. Pelajar dari Rp 1.500 menjadi Rp 2.500," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pekanbaru Syarfil, Selasa (25/11/14).

Selain angkot dan bus kota, kenaikan tarif juga terjadi pada Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP), dari tarif Rp 3 ribu menjadi Rp 4 ribu khusus untuk umum dan mahasiswa. Untuk tarif khusus pelajar, masih harga lama Rp 3 ribu.

"Masing-masing mengalami kenaikan sekitar 44 persen untuk umum, serta 66 persen untuk pelajar," jelas Syafril.

Dalam waktu dekat ini, sebut Syafril, tarif baru yang sudah di SK-kan walikota itu akan diperbanyak guna diserahkan kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan pengusaha pemilik angkutan masing-masing.

"Untuk sosialisasi tarif baru ini, kita juga berencana melakukan pemasangan stiker di semua angkutan," jelasnya.

Disinggung terkait sanksi bagi pemilik kendaraan atau supir yang menaikkan tarif di atas ketentuan yang sudah ditetapkan, Syafril menyatakan jika penindakan tersebut bukan kewenangan Dishub.

"Itu bukan kewenangan kami, bukan hak kami untuk memberi sanksi. Itu kan sudah tindakan kriminal, jadi polisi yang akan memproses. Jika memang ada yang melanggar, silahkan lapor ke polisi saja," tandas Syafri. (FORTARU PEKANBARU)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY