Mei, RAPBD Rohil Diserahkan ke Provinsi

Rabu,27 Januari 2016 | 20:00:18 WIB
Mei, RAPBD Rohil Diserahkan ke Provinsi
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Rohil tahun 2017 akan diserahkan ke tingkat propinsi pada bulan Mei 2016 mendatang.

Sebelum RAPBD itu diserahkan, seluruh program kegiatan yang berskala prioritas terutama yang diusulkan oleh pihak kepenghuluan harus masuk di dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Rabu (27/1/2016) di Bagansiapiapi. Saat ini terangnya pihak kecamatan telah melakukan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Musrenbang itu diharapkan bisa menjawab keluhan dan program yang diusulkan oleh pihak kepenghuluan ke tingkat kecamatan beberapa waktu yang lalu.

Pemkab Rohil telah melakukan rapat evaluasi APBD 2016 dengan tim evaluasi Propinsi Riau pada Senin. Di dalam rapat kita telah membenahi jadwal tahapan-tahapan penyusunan RAPBD.

"Saat ini untuk RAPBD 2017 saat ini telah di-Musrenbang-kan di masing-masing kecamatan, Insa Allah bulan Maret mendatang kita menggelar Musrenbang untuk tingkat kabupaten. Bulan April penyusunan RKPD dan konsultasi dengan DPRD, barulah pada bulai Mei RKPD itu diserahkan ke tingkat propinsi, " jelas Surya Arfan.

Kepala BKP Rohil ini juga sangat optimis, apabila tahapan-tahapan di atas dipatuhi maka RAPBD bisa segera dibahas secepat mungkin bersama DPRD Rohil. "Pembahasan itu nantinya tentu diawali dengan penyusunan KUA-PPAS dan pembahasan bersama DPRD, makanya kita berharap kepada seluruh SKPD untuk segera menyusun Rencana Kerja (Renja) di masing-masing SKPD agar Badan perencanaan pembangunan (Bappeda) bisa menyusun jadwal tahapan-tahapan tersebut agar dipatuhi semua pihak," harapnya.

Dalam RAPBD 2017 ini tidak ada lagi kegiatan diluar RKPD. Bahkan istilah dana partisipasi dewan juga sudah tidak ada, setiap Bansos dan hibah juga masuk dalam RKPD.(auz/jum)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY