Hasil Pleno KPU, Suyatno-Jamiludin Pemenang Pilkada Rohil

Kamis,28 Januari 2016 | 18:03:01 WIB
Hasil Pleno KPU, Suyatno-Jamiludin Pemenang Pilkada Rohil
Ket Foto : Bupati dan Wakil Bupati terpilih H Suyatno-Jamiludin foto bersama Ketua KPU, Agus Salim bersama Ketua DPRD dan forkopimda.

ROHIL (jurnalmetronews.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Rohil nomor urut 2 H. Suyatno dan Jamiludin (Sudin) keluar sebagai pemenang Pilkada Rokan Hilir yang digelar 9 Desember 2015 lalu.

Penetapan pemenang itu saat KPU Rohil menggelar Rapat Pleno Terbuka Paslon Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir tahun 2015 yang berlangsung di Media Center KPU Rohil, Rabu sore.

Dalam rapat yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Rohil Agus Salim mengatakan, bahwa tahapan Pilkada dinyatakan telah berakhir dan tidak ada lagi tahapan selanjutnya yang diselenggarakan KPU Rohil. "Memang penetapan pemenang ini mendesak, tapi semua itu berdasarkan peraturan KPU nomor 11 tahun 2015 yang mengatakan bahwa jika ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), maka satu hari setelah diputuskan MK, KPU segera menggelar rapat pleno penetapan pasangan terpilih," kata Agus Salim.

Dalam rapat pleno itu, KPU Rohil memutuskan nama pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir yakni pasangan nomor urut 2 H. Suyatno dan Jamiludin dengan perolehan suara terbanyak 90,938 suara atau 38,55 persen dari total suara sah. "Paslon dengan jargonnya Sudin sebagaimana yang dimaksud ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohil. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," sebut Agus.

Rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Rohil terpilih hanya dihadiri oleh Paslon nomor urut 2 H. Suyatno dan Jamiluddin, sementara tiga Paslon lainnya Wan Syamsir Yus-Helmi, Syafruddin-Ridwan dan Herman Sani-Taem Pratama tidak menghadiri pleno tersebut. "Kami sudah melayangkan undangan kepada semua Paslon, tetapi hari ini yang hadir hanya Paslon nomor urut 2. Meski demikian pleno tetap berlangsung dan kita tetap melaksanakan pleno terbuka Paslon terpilih ini," kata Agus saat itu.

Sebagai pelaksana Pilkada, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohil yang telah membantu dalam hal pendanaan, termasuk DPRD yang telah mengesahkan anggaran Pilkada Rohil.

Kepada pihak kepolisian juga demikian, yang tidak kenal lelah dalam hal menjaga keamanan selama pilkada berlangsung. "Terima kasih atas partisipasi pak Kapolres dan Kajari Rohil telah membantu kami selama menghadapi gugatan di MK hingga selesai. Begitu juga dengan Panwas, Parpol dan pendukungnya, serta rekan-rekan saya dan ketua PPK se Rokan Hilir," katanya.

Agus menambahkan, selama Pilkada Rohil berlangsung, ia menjamin berjalan dengan profesional, terbuka, transparan, tertib, jujur, dan netral tidak berpihak kepada Paslon manapun.

Usai menggelar rapat pleno terbuka, Paslon nomor urut 2 H. Suyatno dan Jamiludin melakukan sujud syukur atas terpilihnya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir periode 2016-2021. "Yang pasti kita tetap melanjutkan visi dan misi kita seperti yang telah disampaikan pada debat kandidat lalu, baik itu infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan dan lainnya," kata Bupati terpilih H. Suyatno.(jum)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY