Elpiji 3 Kg Langka

Disperindag Kota Ancam Agen dan Pangkalan Nakal

Sabtu,10 Januari 2015 | 11:46:11 WIB
Disperindag Kota Ancam Agen dan Pangkalan Nakal
Ket Foto : Ilustrasi: elpiji 3 kg langka di pasaran, sejak ada kenaikan elpiji 12 kg

PEKANBARU- Kenaikan harga elpiji 12 kilogram, menyebabkan banyak konsumen yang terpaksa beralih ke elpiji 3 kilogram, namun demikian Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru mengancam akan mencabut izin agen dan pangkalan elpiji yang nakal

"Surat imbauan sudah lama kita sampaikan kepada agen maupun pangkalan elpiji agar jangan menjual kepada masyarakat mampu, karena gas tiga kilogram hanya untuk masyarakat kurang mampu," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Elsyabrina, Sabtu (10/1/2015) kepada JurnalMetroNews.com.

Diakuinya, akibat kenaikan harga elpiji 12 Kilogram (Kg) dari Rp138 ribu menjadi Rp150 ribu banyak masyarakat yang memilih beralih ke 3 kg, tetapi pengawasannya tak sekedar menjadi tanggunng jawab Disperindag Pekanbaru saja. Seluruh lapisan masyarakat diminta turut serta mengawasi. Apalagi, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengutuk konsumen yang memiliki kemampuan beli elpiji 12 kg, tetapi malah membeli elpiji 3 kg.

"Kami mohon kesadaran masyarakat. Kriteria yang berhak memiliki elpiji tiga kilogram ada. Itu hanya masyarakat yang penghasilannya di bawah upah minimum regional atau industri kecil yang pendapatannya di bawah lima puluh juta, jika di atas lima puluh juta, jangan pakai tiga kilogram," kata El Syabrina.

Bagaimanapun, langkah pengawasan di lapangan tak akan efektif, oleh karena itu Disperindag Kota meminta kesadaran masyarakat, begitu juga dengan pangkalan dan distributor elpiji, Elsyabrina mengingatkan jangan jual ke masyarakat mampu. Lihat dulu, siapa yang membeli, jika yang datang untuk membeli elpiji 3 kg datang menggunakan mobil jangan dilayani.

"Agen dan pangkalan elpiji, mereka sudah tahu aturan mainnya. Jadi ikut aja sesuai dengan aturan main," kata Elsyabrina.(de)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY