Polda Tetapkan 41 Tersangka Karlahut

Senin,14 Maret 2016 | 21:06:35 WIB
Polda Tetapkan 41 Tersangka Karlahut
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Sejak Januari hingga Maret 2016, Polda Riau dan Jajaran telah menetapkan sebanyak 41 orang tersangka yang terlibat dalam kasus kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, kepada jurnalmetronews.com usai ekspose narkoba pada Senin (14/3/2016) siang."Dari 33 kasus yang ditangani oleh Polda Riau dan Jajaran yang ditetapkan sebagai tersangka sudah 41 orang," ungkapnya.

Dari 33 kasus, lanjut Guntur, satu kasus sudah dikirim ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sedangkan kasus yang lainnya masih dalam penyidikan.

"41 orang tersangka ini merupakan tersangka perorangan atau petani. Mereka tertangkap tangan sedang melakukan pembakaran maupun setelah melakukan," jelasnya.

Tercatat ada empat kabupaten yang banyak menyumbang hotspot, yakni Kabupaten Dumai, Pelalawan, Rohil dan Meranti."Untuk perusahaan atau korporasi belum ada yang ditahan, masih perorangan," katanya.

Selain itu, untuk mengurangi terjadinya karlahut di Provins Riau, sesuai dengan perintah dari Presiden Jokowi, Polda Riau, TNI maupun instansi terkait dan masyarakat bekerja sama membangun kanal atau tempat penampungan air."Total sudah 400 lebih sekat kanal yang telah dibuat. Kita akan buat hingga ribuan," pungkas Guntur.(vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY