Danrem : Mei-September Riau Dilanda Musim Kemarau Panjang

Jumat,18 Maret 2016 | 15:03:18 WIB
Danrem : Mei-September Riau Dilanda Musim Kemarau Panjang
Ket Foto : Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI Nurendi, MSi (Han) memberikan keterangan pers kepada wartawan.

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Ancaman kebakaran lahan dan hutan di Riau diperkirakan akan terus berlangsung hingga September mendatang. Pasalnya, dari prakiraan Badan Meteorologi Kkimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru menyebutkan, musim kemarau di Riau berlangsung cukup lama.

"Mulai dari tanggal 1 sampai 10 April itu BMKG prediksi masih kemarau, 11 sampai akhir April memasuki musim hujan. Awal Mei sampai September itu musim kemarau," ujar Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi M.Si (Han) di Posko Satgas Karlahut, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Sebab itulah, ia meminta seluruh aparatur pemerintahan, Dandim, Polres di 12 Kabupaten dan Kota di Riau untuk meningkatkan langkah pencegahan dan sosialisasi karlahut ini. "Gencarkan lagi langkah pencegahan dan penindakan. Setiap aparat pemerintahan hingga desa kita minta untuk melakukan sosialisasi, bila perlu buat selebaran ataupun famplet yang berisi larangan pembakaran lahan," tandasnya.

Selain itu, Danrem juga memerintahkan agar kanal ataupun embung air yang sudah ada harus dilakukan pengecekan secara berkala."Kanal yang sudah dibangun itu harus dicek ulang. Jangan sampai kanal yang terkena banjir sudah hilang. Kemarau datang ya kebakaran lagi," cetusnya. (Penrem/vir)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY