MUI Rohil Kecamatan Diminta Ikut Sukseskan Pilkades

Jumat,18 Maret 2016 | 16:44:43 WIB
MUI Rohil Kecamatan Diminta Ikut Sukseskan Pilkades
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Meskipun tidak dilibatkan dalam proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar 31 Juni mendatang, namun Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rohil meminta pengurus MUI yang berada di Kecamatan untuk ikut mensukseskan pesta demokrasi tingkat kepenghuluan tersebut.

"Kita mengimbau dan mengajak MUI yang ada di18 kecamatan di Rohil untuk ikut mensukseskan Pilkades dengan cara memberikan pencerahan agar panitia mengikuti Syariat islam dan tidak memihak kepada salah satu calon," ujar Ketua MUI Rohil, Drs H Wan Achmad Syaiful Msi, Jumat (18/3/2016) di Bagansiapiapi.

Dalam pelaksanaan Pilkades harus ada tim pengawas yang diikutsertakan dari pihak kepolisian. Dimana tim pengawas itu nantinya akan mengawasi pelaksanaan Pilkades mulai dari penjaringan, penghitungan suara hingga penetapan pemenang.

"Seandainya pihak MUI diikutsertakan, maka kami siap menerapkan konsep syariat islam. Apalagi saat ini para bakal calon telah dites untuk membaca alquran, ditambah lagi dengan tes urine atau narkoba. Nah, penerapan syarat-syarat seperti inilah yang kita inginkan," tuturnya.

Dilanjutkan mantan Kadispenda Rohil ini, masyarakat dalam mencari bakal calon penghulu haruslah amanah. Artinya ornag yang akan dipilih selama ini dalam bermasyarakat dipercaya tidak khianat, sidik atau benar, perilakunya tidak berakhlak buruk.

"Kalau bisa juga orang yang menyampaikan dengan ilmu bisa dimengerti oleh masyarakat dan fathonah atau bijak dan cerdas. Selain itu berpikiran luas dalam menghadapi masalah, dia akan menggambarkan perilaku menyenangkan dengan kata lain sesuai perkataan dengan perbuatan," sarannya. (jum/auz)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY