Lima Desa di Rohil Ikuti Penilaian Proiklim Tingkat Nasional

Jumat,08 April 2016 | 21:18:38 WIB
Lima Desa di Rohil Ikuti Penilaian Proiklim Tingkat Nasional
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Lima desa di Kabupaten Rokan Hilir bakal mengikuti penilaian program kampung iklim (Proiklim) di tingkat nasional. Agar desa-desa tersebut bisa mengukir prestasi, Badan pengendalian dampak Lingkungan (Bapedal) Rohil melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada setiap calon desa yang mengikuti proiklim.

Demikian disampaikan pembina Kampung Proiklim Rohil, Alkahfi Sutikno di Bagansiapiapi, Jumat (8/4/2016). Ia mengatakan Proiklim di Rohil semakin tahun semakin terjadi peningkatan dan berkembang. "Beberapa desa memang telah beberapa kali mengukir prestasi ditingkat nasional seperti kepenghuluan Mukti Jaya, kecamatan Rimba Melintang pada tahun 2012 lalu, kelurahan Bagan Kota, kecamatan Bagan Sinembah pada tahun 2015," jelasnya.

Agar prestasi itu bisa diraih kembali, pihaknya saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi dan meninjau secara langsung daerah-daerah yang akan dinilai. "Kalau tahun ini ada lima desa yang akan mengikuti penilaian proiklim ketingkat nasional, Mudah-mudahan kelima desa itu nantinya bisa membawa nama daerah negeri seribu kubah yang kita cintai ini," harapnya.

Kelima desa yang akan mengikuti Penilaian Proiklim itu yakni kepenghuluan Bagan Sapta Permai kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kepenghuluan Suka Maju kecamatan Bagan Sinembah, kepenghuluan Balam jaya kecamatan Balai Jaya, Kepenghuluan Mukti kecamatan Bangko Pusako, dan kepenghuan Jumrah kecamatan Rimba Melintang.

Bapedal Rohil sendiri kata Alkahfi saat ini telah menjadwalkan sosialisasi dan pembinaan secara maksimal kepada setiap calon proiklim. Penilaian Proiklim itu akan dilaksanakan pada akhir April bulan ini. "Kita berharap dukungan semua pihak khususnya Bapedal Rohil untuk membina kelima desa tersebut dengan maksimal dengan harapan tahun ini rohil bisa kembali mengukir prestasi ditingkat nasional," harapnya. (jum/auz)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY