Pansus Ranperda Haji DPRD Kota akan Stuban ke Babel

Jumat,15 April 2016 | 08:52:12 WIB
Pansus Ranperda Haji DPRD Kota akan Stuban ke Babel
Ket Foto : DPRD Kota Pekanbaru. (Foto : int)

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Panitia khusus rancangan peraturan daerah ibadah haji daerah dan transportasi haji Kota Pekanbaru akan melakukan studi banding ke Bangka Belitung.

Hal itu karena Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru telah melaksanakan rapat paripurna, Kamis (14/4/2016). Tujuan dari studi banding (Stuban) untuk mempelajari Perda Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah dan Transportasi Haji di daerah yang telah lebih dulu menerapkan perda tersebut.

Dalam rapat pansus tersebut yang dipimpin Ketua Pansus, H Zulkarnain beserta seluruh anggota memutuskan melakukan perjalanan ke daerah Bangka Belitung (Babel) untuk mempelajari perda yang telah diterapkan oleh daerah tersebut.

"Untuk mencari informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji daerah dan transportasi haji dan mempelajari apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah aturan perda. Selain itu apa saja yang dapat dibebankan biaya kepada pemerintah kota yang dibebankan kapada APBD. Ini berguna untuk meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji, maka perlunya sebuah kajian perda yang telah terlebih dahulu diterapkan di daerah lain," ucap Zulkarnain.

Dalam jawaban pemerintah dalam pandangan fraksi, sebenarnya 80 persen dalam penyelenggaraan ibadah haji tercover oleh pemerintah, akan tetapi dalam hal ini perlu payung hukum terutama untuk tansportasi haji, transportasi dari daerah asal ke embarkasi Batam dan begitu juga sebaliknya pada saat pemulangan.

Selama ini biaya transortasi haji menuju dan pulang dibebankan kepada jamaah haji. "Kita ajukan sebuah perda sesuai amanat dari Undang-undang tahun 2008 Pasal 35 ayat I. Transportasi dari daerah asal ke embarkasi dan sebaliknya ditanggung pemerintah. Di ayat dua perlu dibuat peraturan daerah," terang Zulkarnain.

Dipilihnya Babel menjadi tempat untuk mempelajari perda penyelenggaraan haji dan transportasi haji, karena Babel lebih dulu menetapkan perda tersebut dan juga melihat dari embarkasi haji, yakni Pekanbaru dan Babel sama-sama embarkasinya Batam. (des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY