Disdikbud Provinsi Riau Serahkan Data 9.000 Guru SMA/SMK ke BKPPD

Senin,18 April 2016 | 21:49:48 WIB
Disdikbud Provinsi Riau Serahkan Data 9.000 Guru SMA/SMK ke BKPPD
Ket Foto : Kepala Disdikbud Provinsi Riau, H Kamsol

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau menyerahkan data sekitar 9.000 guru aparatur sipil negara dan honor daerah dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Riau ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Provinsi Riau untuk divalidasi.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Riau, H Kamsol, ditargetkan pengalihan data para guru SMA/SMK tersebut tuntas hingga Oktober 2016. Jumlah guru yang diserahkan ke BKPPD Provinsi Riau, terdiri dari guru Aparatur Sipil Negara (ASN) SMA/SMK sebanyak 7.000 orang, guru honor daerah 2.000 orang, sehingga totalnya mencapai 9.000 orang.

Jumlah tersebut belum termasuk guru yang honornya dibayar pihak sekolah sekitar 5.000 orang. "Seluruhnya ditarik ke provinsi. Mengenai besaran gaji dan honor mereka nanti disesuaikan dengan kemampuan keuangan di provinsi. Hal itu masih dibahas dengan TAPD," kata Kamsol, baru-baru ini.

Gaji seluruh guru ASN, honor daerah maupun guru sekolah efektif dibayarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada awal Januari 2017 mendatang, sedangkan terkait perhitungan aset SMA/SMK yang selama ini menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota, menurut Kamsol, sedang menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Riau untuk menghitung neraca akhir. "Tahun ini, dianggarkan 60 lebih ruang kelas belajar untuk SMA/SMK," ucap Kadisdikbud Riau.

Seperti diketahui, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pengganti Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 disebutkan manajemen pengelolaan SMA/SMK berada di tangan pemerintah provinsi. Pelimpahan kewenangan pendidikan ini selambat-lambatnya diterapkan dua tahun setelah peraturan dikeluarkan atau pada tahun 2016.(war)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY