Pemkab Peringati Hari Otonomi Daerah XX, Ini Pesan Bupati

Senin,25 April 2016 | 18:24:34 WIB
Pemkab Peringati Hari Otonomi Daerah XX, Ini Pesan Bupati
Ket Foto : Bupati Rohil, H Suyatno menyerahkan 24 unit Mesin Portabel dan tiga unit Motor KLX kepada Kodim 0321/Rohil saat peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX.

ROKAN HILIR (jurnalmetronews.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX yang dipimpin Bupati Rohil, Suyatno di halaman Kantor Bupati Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Senin (25/4/2016).
     
"Jadikan Hari Otonomi Daerah ini sebagai momentum untuk merapatkan barisan, bahu membahu dan bekerja cerdas, tuntas serta ikhlas dalam melayani masyarakat," kata Bupati Rohil Suyatno usai memimpin apel peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX.
     
Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan sebanyak 24 unit Mesin Portabel dan tiga unit Motor KLX kepada Kodim 0321/Rohil yang diserahkan langsung oleh Bupati Suyatno kepada Dandim Bambang Sukisworo dan camat daerah rawan kebakaran lahan dan hutan secara simbolis.
     
Bupati menjelaskan, bahwa apel bersama dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah merupakan keputusan Presiden RI dalam rangka untuk memantapkan otonomi daerah menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
     
"Apel ini dilaksanakan setiap tanggal 25 April serentak di seluruh Indonesia, baik ditingkat Pusat, Provinsi maupun daerah," ujarnya.
     
Pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX yang ditetapkan pada keputusan Presiden nomor 11 tahun 1996 tentang otonomi daerah yang bertujuan untuk memasyarakatkan dan memantapkan otonomi daerah mulai dari pusat sampai kedaerah.
     
Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX tahun 2016 ini mengusung tema "Mantapkan otonomi daerah dalam memasuki masyarakat ASEAN".
     
Dikatakannya, dalam catatan Kementerian Dalam Negeri masih terdapat sejumlah pemerintah daerah yang berkinerja rendah dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah meskipun terdapat sejumlah faktor penentu namun kepala daerah dan wakil daerah memegang kunci untuk menjalankan pemerintahannya. "Setiap tahun menteri dalam negeri melakukan evaluasi," kata Bupati.
     
Selain itu, Bupati juga menyampaikan kekesalannya kepada pihak Bank Riau-Kepri yang tidak bisa menghadirkan kendaraan yang telah diserahkan kepada Kodim 0321/Rohil. "Dari Senin minggu lalu saya minta katanya bisa. Tapi hari ini nyatanya kendaraan tersebut tidak ada. Saya sudah minta saat apel motornya harus ada,"  kesalnya.
     
Bupati juga menjelaskan bahwa tiga unit motor KLX dan 24 mesin portabel tersebut bantuan dari Bank Riau-Kepri melalui dana CSR. "Tidak hanya itu, dana CSR juga kita gunakan untuk kepentingan masyarakat, ada buat sumur bor mesjid, sekolah di Kecamatan Pasir Limau Kapas dan bantuan tunai kepada mesjid-mesjid lainnya," tuturnya. (jum)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY