Petugas Kanwil Kemenkumham Penyuluhan Hukum di Kelurahan Maharatu

Kamis,28 April 2016 | 08:53:57 WIB
Petugas Kanwil Kemenkumham Penyuluhan Hukum di Kelurahan Maharatu
Ket Foto : Petugas Kanwil Kemenkum dan Ham Provinsi Riau sedang memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat Kelurahan Maharatu, Marpoyan Damai, Rabu (27/4/2016).

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Petugas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Riau melakukan penyuluhan hukum terpadu di Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Rabu (27/4/2016) pagi.

Penyuluhan hukum ini digelar Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Provinsi Riau yang dihadiri Sekretaris Lurah Maharatu, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Siti Cholistianingsih, MH serta masyarakat Kelurahan Maharatu. Dalam penyuluhan hukum ini, turut diundang pemateri Alfian Alimuddin dari BNNP Riau yang menyampaikan materi tentang Undang-undang Nomor 35 tentang Narkotika dan Siti Cholistianingsih, SH., MH yang menyampaikan penyuluhan tentang Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum dan undang-undang terkait lainnya.

Penyuluhan hukum ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi hukum agar tercipta masyarakat yang berbudaya hukum. Dalam penyampaiannya, pemateri Alfian Alimuddin berpesan agar setiap masyarakat mengetahui tanda-tanda pemakai narkoba.

Bila ada keluarga dan orang-orang di lingkungan yang menjadi pecandu narkoba segera laporkan ke BNN untuk direhabilitasi. Disampaikan Alfian, rehabilitasi itu gratis, sedangkan identitas pelapor atau pemohon dijamin kerahasiaannya.

Pemateri dari Kemenkum dan Ham Provinsi Riau, Siti Cholistianingsih menyampaikan, Provinsi Riau memiliki 7 lembaga bantuan hukum yang terakreditasi di Kanwil Kemenkum dan Ham Provinsi Riau. Bagi masyarakat miskin yang mempunyai permasalahan hukum dapat didampingi bantuan hukum tersebut.

Dalam kesempatan ini, masyarakat Kelurahan Maharatu meminta Kantor Wilayah Kemenkum dan Ham Provinsi Riau agar menyampaikan aspirasi ke Pemko Pekanbaru. Mereka meminta agar dibuatkan perda tentang rumah kos supaya tidak dijadikan tempat untuk pergaulan bebas dan tempat penyimpangan narkoba.

Sebelumnya kegiatan yang sama telah dilaksanakan Kantor Wilayah Kemenkum dan Ham Provinsi Riau di Hotel Grand Zuri pada, Senin (25/4/2016). Kanwil Kemenkum dan Ham Provinsi Riau akan terus melakukan penyuluhan yang sama ke masyarakat agar sadar hukum.(des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY