Peringati Hardiknas, Puluhan Massa Demo di DPRD Riau

Senin,02 Mei 2016 | 22:09:08 WIB
Peringati Hardiknas, Puluhan Massa Demo di DPRD Riau
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Puluhan massa dari Dewan Pimpinan Daerah Relawan Perjuangan Demokrasi Provinsi Riau melakukan aksi demo di depan DPRD Provinsi Riau, Senin (2/5/2016).

Aksi unjuk rasa itu digelar dalam rangka menyambut Hari Pendidikan (Hardiknas) pada 2 Mei. Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Provinsi Riau melakukan aksi demo menyuarakan aspirasi rakyat Riau untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Dalam penyampaian orasi, demonstran mengatakan, di Riau ada 283 anak putus sekolah dan tingginya angka anak putus sekolah membuat penilaian Angka Prestasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) pendidikan di Riau oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi turun. Posisi Riau saat ini berada diurutan 26 dari 34 provinsi di indonesia.

Untuk anggaran pendidikan di Riau jauh dari anggaran yang ditetapkan konstitusi, yakni sebesar 20 persen. Pada APBD murni tahun 2015 lalu, anggaran pendidikan tidak sampai separuhnya, yakni hanya mencapai 8 persen, sementara jumlah APBD murni 2015 berjumlah Rp10, 7 triliun.

Demonstran juga menganggap, masih banyak permasalahan di bidang pendidikan yang seharusnya dituntaskan oleh negara sebagai penanggung jawab utama sebagaimana diamanatkan konstitusi.

Sampai saat ini, permasalahan pendidikan yang seharusnya menjadi prioritas ternyata masih jauh dari penyelesaian. Hanya ada upaya-upaya untuk meribelasisasi pendidikan sebagai sebuah komuditas dagang, bukan sebagai perjuangan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Dalam orasinya, demonstran menyatakan menolak bentuk liberalisasi dan komersialisasi pendidikan. Menuntut segenap pemangku memberikan akses seluas-luasnya kepada seluruh rakyat Indonesia dan mendesak pemerintah Provinsi Riau maupun daerah segera membentuk Perda Pendidikan gratis dari sekolah dasar sampai sarjana tanpa embel-embel apapun. (des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY