Lebih Murah, Mobil Esemka Diyakini Bisa Bersaing

Minggu,08 Mei 2016 | 18:48:58 WIB
Lebih Murah, Mobil Esemka Diyakini Bisa Bersaing
Ket Foto : Mobil Esemka (Foto : int)

JAKARTA - Jelang perkenalan mobil Esemka jenis pick-up pada Agustus 2016, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero selaku produsen mobil Esemka mengaku sangat yakin bisa bersaing dengan produsen otomotif lain yang sudah lebih dahulu eksis di Indonesia.

Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, Hosea Sanjaya mengatakan, harga dan kualitas produk merupakan pedoman untuk bersaing dan memberikan nilai tambah. Untuk membuat harga mobil Esemka lebih murah, berbagai strategi juga sudah disiapkan, salah satunya dengan memperpendek jalur distribusi.

"Agar harga mobil Esemka bisa bersaing, jalur distribusinya akan diperpendek. Misalnya dari Esemka bisa langsung dijual ke konsumen tanpa harus mengangkat bayak jaringan seperti dealer atau distributor," kata Hosea Sanjaya, di Jakarta, Kamis (5/5/2016).

Hal lainnya yang membuat Hosea sangat yakin mobil Esemka bisa bersaing lantaran tidak adanya ikatan harus memproduksi sesuatu yang sudah "terkunci" atau tak bisa diubah.
"Kita juga belajar dari yang sudah ada. Semua pengaturan kita itu berhubungan dengan original equipment manufacturing (OEM), berhubungan langsung dengan hal-hal yang original dan pabrikan. Jadi tidak ada istilah sekadar tempel satu merek saja," ujar Hosea.

Karenanya, Hosea bisa menjamin harga yang akan ditawarkan nantinya bisa sangat kompetitif dibandingkan kendaraan sejenis yang sudah ada di Indonesia. "Pick-up di Indonesia itu yang kelas kecil diproduksinya 1.500 cc semua dengan kisaran harga Rp 130 juta. Sementara yang di atas 1.500 cc semuanya impor dari Thailand. Jadi otomatis peluang kita sangat besar untuk lebih murah lagi, bisa di bawah Rp 100 juta," papar Hosea.

Pada tahap awal ini, kendaraan pick-up yang akan diperkenakan Esemka memiliki kapasitas mesin 1.000 cc dan 2.000 cc. Kendaraan tersebut akan diproduksi di pabrik Esemka di Cileungsi, Bogor dengan kapasitas produksi yang mencapai 30.000 unit dalam satu tahun.


Sumber : BeritaSatu.com

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY