Permintaan Tinggi, Harga Sembako di Rohil Naik

Rabu,01 Juni 2016 | 01:10:47 WIB
Permintaan Tinggi, Harga Sembako di Rohil Naik
Ket Foto : Pedagang pasar tradisional sedang menjual sembako.

ROKAN HILIR (jurnalmetronews.com) - Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Rokan Hilir naik.
     
Kepala Dinas Perdagangan (Kadisperindag) Rohil, Syafruddin mengatakan, kenaikan harga dipicu tingginya permintaan, termasuk dampak erupsi gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara.
     
Ia menjelaskan, dari 14 item yang dipantau Disperindag Rohil, seperti beras, kedelai, gula pasir, minyak goreng kemasan dan curah, daging sapi dan ayam, telur ayam, cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tepung terigu dan ikan segar.

Dari beberapa  item tersebut, 6 di antaranya mengalami kenaikan. Bahan pokok yang mengalami kenaikan, yakni gula pasir dari harga sebelumnya Rp14.500 per kilo naik menjadi Rp16.000, kemudian minyak goreng kemasan isi 2 liter dari harga sebelumnya Rp26.500 naik Rp27.000, minyak goreng curah yang sebelumnya Rp12.000 perkilo naik menjadi Rp12.500.

Selanjutnya daging ayam brailer yang sebelumnya Rp36.000 naik menjadi Rp36.500, disusul bawang merah lokal dari harga sebelumnya Rp36.500 perkilo naik Rp45.000 dan bawang putih yang sebelumnya Rp37.000 naik menjadi Rp39.000 perkilogram.
     
Kenaikan harga tersebut rata-rata sebesar Rp500, namun demikian ada satu item, yaitu bawang merah lokal yang mengalami kenaikan sangat jauh, yakni Rp8.500 perkilogramnya.

Untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar, ia menegaskan, pihaknya setiap hari terus melakukan pemantauan pasar sembari mengingatkan kepada pedagang agar tidak mengambil kesempatan dengan menaikan harga terlalu tinggi. "Pemantauan tiap hari kami lakukan agar harga bisa ditekan kenaikannya supaya tidak naik terlalu tinggi dengan cara mencari tahu dan solusinya," katanya.
     
Sementara stok kebutuhan pokok di Rokan Hilir sampai dengan lebaran diyakini mencukupi, meskipun tidak tersedia maksimal di pasar namun terus masuk setiap minggu. (jum/auz)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY