TNI AL akan Buat Perpustakaan Terapung di Rohil

Rabu,15 Juni 2016 | 22:34:45 WIB
TNI AL akan Buat Perpustakaan Terapung di Rohil
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Pangkalan Tentara Nasional Indonesai Angkatan Laut Lanal Dumai akan membuat kapal pintar di kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Dimana Kapal pintar itu nantinya dijadikan sebagai perpustakaan terapung untuk masyarakat Rohil.

Demikian dikatakan Danlanal Dumai, Letkol Laut (P) M Risahdi Msi melalui Danposal Panipahan dan Pulau Jemur, Lettu Laut (P) M Pohan SE, Selasa (13/6/2016). Di Kabupaten Rokan Hilir sangat banyak daerah pesisir, selain itu pemkabnya juga komit untuk memajukan pendidikan. "Nah, untuk itulah kita berencana membantu pemerintah dengan membuka perpustakaan terapung," katanya.

Menurut M Pohan, Rencana pembangunan Perpustakaan terapung ini sudah pernah disampaikan kepada Bupati Rohil, H Suyatno Amp. Dimana rencana ini mendapat respon yang sangat baik.

"Makanya kita akan siapkan Speed Boat khusus untuk membuka perpustakaan terapung dengan tujuan memajukan pendidikan masyrakat yang ada dipesisir. Kita akan desain Speed Boat layaknya berbentuk perpustakaan," jelasnya.

Diterangannya, didalam Perpustakaan itu nantinya dilengkapi kursi, meja belajar, dan rak buku serta pendingin udara Air Conditioner (AC) agar para pengunjung merasa lebih nyaman. Akan tetapi, Speed Boat ini tentunya membutuhkan minyak dan biaya perawatan, untuk itu dalam waktu dekat akan kita usulkan kepemkab Rohil.

"Daerah pesisir seperti Bagansiapiapi, Sinaboi, Pulau Halang, Panipahan dan Kubu nantinya akan kita gilir setiap harinya," kata Pohan.

Jika program ini terwujud maka akan menambah jumlah pustaka terapung di Indonesia. "Saat ini terdapat 7 perpustakaan terapung di Indonesia, kalau program ini terwujud maka masyarakat pesisir akan meningkat mutu pendidikannya," ujarnya Optimis. (jum/auz)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY