Cegah Karlahut, Polsek Dumai Barat, TNI dan BPBD Buat Embung

Kamis,30 Juni 2016 | 19:01:42 WIB
Cegah Karlahut, Polsek Dumai Barat, TNI dan BPBD Buat Embung
Ket Foto : Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

DUMAI (jurnalmetronews.com) - ‎Untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut) kembali terjadi, Satuan Polsek Dumai Barat, TNI dan BPBD bersama-sama membuat embung berukuran 4x4x4 yang berfungsi untuk penampungan air.

Upaya ini dilakukan karena lahan yang berada di Jalan Budi Arip, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Dumai, mengalami kebakaran pada Kamis (30/6/2016) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, mengatakan luas lahan yang terbakar itu sekitar 4 hektare."Luas area lahan yang terbakar sekitar 4 Ha, lahan ini milik masyarakat. Saat ini kita masih melakukan penyelidikan siapa pemilik lahan yang terbakar tersebut," ujarnya.

Guntur menceritakan, awalnya petugas Polsek Dumai Barat mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan di areal tersebut.

Mendapatkan laporan tersebut, anggotanya yang berjumlah 9 orang yang dibantu oleh 5 personil TNI Koramil Dumai Kota dan 4 personil BPBD langsung menuju ke lokasi tersebut.

"Upaya pemadaman kita gunakan satu unit robin, satu unit excavator, satu unit mesin honda, satu unit mesin sibahura," jelasnya.

Saat berjibaku dengan api, tentunya tim akan menemukan kendala-kendala yang akan menghambat proses pemadaman. Adapun kendala yang dialami oleh petugas pada saat itu dikarenakan cuaca yang sangat terik pada saat itu sehingga kondisi lahan yang kering mudah terbakar.

Selain itu kendala lainnya adalah akibat dari angin yang berhembus kencang dan sumber air yang sangat terbatas dan jaraknya yang jauh. Kendala tersebut, mengakibatkan lahan yang awalnya terbakar hanya sedikit semakin meluas."Oleh karena itu, selain melakukan upaya pemadaman kita juga membuat sekitar 18 embung di berbagai titik yang dinilai lahannya mudah terbakar," pungkas Guntur. (vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY