Asian Agri Group Berkomitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Jumat,27 Februari 2015 | 14:32:53 WIB
Asian Agri Group Berkomitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat
Ket Foto : Perwakilan masyarakat Desa Perkebunan Tanah Datar, menerima penyerahan secara simbolis bantuan alat pengolah tanah (Hand Tracktor) untuk kelompok tani di Desa Perkebunan Tanah Datar dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Supra Matra Abadi Tanah Da

BATUBARA: (jurnalmetronews.com)- Masyarakat bersama Muspika di Kabupaten Batubara, siap menjalin dan bekerja sama dengan PT. Supra Matra Abadi (SMA), dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, sekaligus menjaga operasional perusahaan perkebunan kelapa sawit milik PT. SMA.

"Masyarakat siap untuk bekerjasama dan menjaga PT SMA," ujar Tokoh Masyarakat Desa Perkebunan Tanah Datar, Bambang dalam penyerahan secara simbolis bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Supra Matra Abadi Tanah Datar atau Asian Agri Group tahun 2015, Rabu (26/2/2015).

Mewakili masyarakat desa, Bambang mengucapkan terimakasih kepada PT. SMA atas perhatian dan kepedulian yang telah banyak dirasakan masyarakat, seperti bantuan CSR baik dibidang peningkatan ekonomi masyarakat, pendidikan serta turut membantu renovasi rumah ibadah di sekitar operasional perusahaan perkebunan.

Bambang mengajak masyarakat dan Muspika untuk menjaga PT. SMA. "Apa yang telah dilakukan PT. SMA tidak seperti perusahaan lain. Bantuan program CSR sangat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Talawi, Basrah dan Plt Camat Ujung Padang, Desi Artawari Purba siap membuka diri untuk bekerjasama dengan PT. SMA untuk meningkat kesejahteraan masyarakat desa.

Menurut Camat Talawi, Basrah menjelaskan, Program CSR yang digelontorkan PT. SMA, salah satu bantuan yang dapat meringankan beban pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Kepedulian ini direspon baik oleh Muspika, dengan siap bekerjasama dengan PT. SMA dalam program-program lainnya," ujarnya.

Camat Talawi berharap, kontribusi PT. SMA ke depan harus lebih ditingkatkan. Seperti membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat desa yang bertetanggaan dengan PT SMA. "Kami sebagai Muspika berharap kepada PT. SMA agar apabila ada peluang pekerjaan agar tetap mengutamakan putra daerah kami untuk bekerja di PT SMA," pintanya.

Selain itu, Camat Talawi juga meminta dukungan dari PT. SMA untuk mendukung program pencegahan narkoba bagi kalangan remaja. Salah satunya dengan kegiatan olahraga.

"Di areal perusahaan PT. SMA dilengkapi sarana olahraga seperti lapangan bola kaki. Sudi kiranya PT. SMA mengizinkan generasi muda untuk menggunakan sarana dan fasilitas tersebut. Jika ada aktivitas olahraga itu, maka remaja tak lagi memikirkan yang namanya narkoba," ucapnya.

Desi Artawari Purba yang baru menjabat Plt Camat Ujung Padang telah mendengar dari masyarakat langsung kepedulian dan perhatian PT. SMA, yang begitu terbuka membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai bantuan CSR.

Adapun bantuan program CSR tahun 2015 yang disalurkan PT. SMA, unit bisnis Asian Agri Group berupa; Bantuan peralatan bola voli untuk Desa Perkebunan Tanah Datar, Sei Muka, Binjai Baru, Karang Baru, dan Dusun Ulu; Bantuan alat pencetak batu bata dan alat pengolah tanah (Hand Tracktor) untuk kelompok tani di Nagori Banjar Hulu.

Selain itu, Bantuan perbaikan ruang belajar sekolah MDTA Al Hidayah Desa Perkebunan Tanah Datar; Bantuan Material Rehab Musholah Kurnia Desa Binjai Baru; Bantuan Pemberian Makanan Tambahan pada Posyandu Desa Perkebunan Tanah Datar, Sei Muka, Binjai Baru, Karang Baru, Sumber Tani, Banjar Hulu dan Dusun Ulu.

Manager Kebun PT SMA Tanah Datar, Andi Anggoro mengungkapkan, CSR merupakan komitmen Asian Agri dalam menjalankan operasional bisnisnya.

CSR Asian Agri menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan manajemen operasional kebun. Program CSR dijalankan dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan sesuai batas kewajaran yang dilakukan secara partisipatif.

"Artinya membutuhkan keterlibatan masyarakat ataupun pihak terkait lainnya. Keterlibatan masyarakat yang tinggi merupakan kunci keberhasilan program CSR untuk terlaksana dengan baik," katanya.

Selain itu lanjutnya, keberhasilan program CSR diharapkan mampu membantu peningkatan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat. Sehingga masyarakat benar–benar menerima manfaat kehadiran perusahaan dan terjalin hubungan harmonis antara masyarakat dengan perusahaan.

Pada tahun 2015 ini, selain bantuan tersebut, ada beberapa lagi program CSR yang hingga kini masih dalam progres pengerjaan, antara lain Bantuan Pembangunan Kamar Mandi Gereja Methodist di Desa Pardomuan, Bantuan Pembangunan Menara Masjid Ar-Rahman di Dusun Merbo Desa Sei Muka, dan Bantuan Material Pembangunan Pagar Masjid Nurul Iman di Dusun Karang Nangka Desa Perkebunan Tanah Datar.

"Bantuan sosial tersebut dalam waktu ke depan akan terus kami tingkatkan sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk fasilitas-fasilitas lainnya. Atas nama Manajemen PT SMA Tanah Datar - Asian Agri Group mengharapkan agar bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang menerima," ujarnya.

Humas Asian Agri, Lidya Veronica menyebutkan, setiap tahun Asian Agri selalu melakukan perubahan untuk perbaikan dalam menjalankan program CSR. Hal ini semata-mata bertujuan agar program CSR yang dijalankan benar-benar menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat penerima.

"Setiap tahunnya Asian Agri selalu melakukan review/ innovasi dari setiap program CSR yang dilakukan setiap unit kebunnya. Dengan harapan CSR yang kita berikan dapat benar benar bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Saat ini Asian Agri telah membagi kebutuhan masyarakat menjadi 7 pilar atau bidang kegiatan, yaitu karikatif, pengembangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan hidup dan keterlibatan karyawan.

Fajar Suryono, Koordinator CSR Asian Agri Sumatera Utara menambahkan, beberapa Program CSR yang sudah dilaksanakan 3 tahun terakhir oleh PT SMA adalah Bidang Karikatif; Bantuan Perbaikan Rumah Ibadah, Paket Hari Raya Idul Fitri dan Natal, Program Pengembangan Ekonomi, meliputi budidaya ayam potong dan bebek, budidaya ikan.

Program Pendidikan; perbaikan ruang kelas, pembangunan ruang kelas dan bantuan mobiler dan peralatan Sekolah Sepak Bola (SSB). Di Bidang Kesehatan; pelatihan kader posyandu, bantuan pemberian makanan tambahan untuk balita.

Bidang Infrastruktur; akses air bersih dan sanitasi, pembangunan jalan beton dan lain sebagainya. Bidang Lingkungan Hidup; penanaman bibit pohon disekitar perusahaan, pembagian bibit pohon buah-buahan untuk masyarakat dan lain sebagainya (rls)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY