Pertanyakan Deposito Pemprov Riau

Komisi C DPRD Riau Ancam Bentuk Pansus Bank Riau Kepri

Selasa,10 Maret 2015 | 23:54:08 WIB
Komisi C DPRD Riau Ancam Bentuk Pansus Bank Riau Kepri
Ket Foto : Ketua Komisi C DPRD Riau, Aherson

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)-  Anggota Komisi C DPRD Riau mengancam akan membentuk panitia khusus tentang Bank Riau Kepri. Pasalnya, manajemen bank plat merah tersebut enggan memberikan data terkait dengan besaran deposito Pemerintah Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi C DPRD Riau, Aherson dalam hearing yang digelar di ruang rapat Komisi C DPRD Riau, Selasa (10/3/2015). "Hal ini normal, jika ada keinginan anggota Dewan yang lain membentuk Pansus Bank Riau Kepri. Dampak dari pembentukan pansus tersebut harus dikaji.
Tujuan pembentukan pansus tersebut ada dua, yaitu rekomendasi manajemen dan rekomendasi hukum, untuk itu diadakannya hearing guna melihat secara keseluruhan sejauh mana Bank Riau Kepri," kata Aherson.

Diakui Aherson, Bank Riau Kepri memang punya kewenagan menjaga rahasia nasabah sesuai dengan Undang-Undang Perbankan, akan tetapi di sisi lain dana yang disimpan tersebut merupakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sehingga DPRD Riau punya kewenangan menanyakan hal tersebut.

Dari data yang disampaikan dalam hearing, bunga deposito yang disimpan di Bank Riau Kepri sebesar 9 persen. Komisi C DPRD Riau memberikan kesempatan ke Bank Riau Kepri memberikan data yang diminta dalam waktu seminggu.

Dalam hal ini, komisi C mempersilahkan Bank Riau Kepri berkomunikasi dengan Pemprov Riau. Setelah itu, komisi C akan dilakukan hearing bersama Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Riau dan Bank Riau Kepri.

Dalam hearing yang berlangsung alot tersebut, anggota komisi C, Ilyas HU juga mempertanyakan waktu deposito dibuka. Ia geram karena tidak ada keterbukan dari bank daerah tersebut. Padahal anggota Dewan berhak tahu, karena yang disimpan dana APBD Riau. (desli)


Editor :Edy Sorkam

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY