Pemkab Rohil Minta BPBD Riau Buat Hujan Buatan

Senin,29 Agustus 2016 | 20:22:28 WIB
Pemkab Rohil Minta BPBD Riau Buat Hujan Buatan
Ket Foto : Kepala BPBD Rohil, H Azhar Achmad Ali.

BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau segera melakukan hujan buatan di wilayah Rohil.

Hal ini mengingat beberapa kecamatan di Rohil masih diselimuti kabut asap dan masih ditemukannya titik api yang membuat aktifitas warga sudah mulai terganggu. "Kita minta bantuan agar BPBD Riau menabur garam di awan agar hujan turun. Kita sendiri telah melakukan berbagai upaya namun api juga tidak padam," kata Kepala BPBD Rohil, H Azhar Achmad Ali, Senin (29/8/2016).

Di samping itu, pihaknya juga meminta agar dilakukan water boombing di kecamatan yang masih dilanda kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Mantan Asisten III Bidang Kesra Setdakb Rohil ini juga menerangkan, hingga saat ini daerah yang masih ditemukan titik api diantaranya Kecamatan Pujud, Kecamatan Tanjung Medan dan Kecamatan Tanah Putih. Sementara untuk kecamatan Bangko api sudah padam dikarenakan dalam beberapa hari terakhir diguyur hujan.

Ia juga mengklaim kalau pihaknya sudah menurunkan tenaga yang maksimal dan dibantu dengan pihak terkait seperti Dishut, TNI/Polri untuk melakukan pemadaman api sejak pertengahan bulan Agustus 2016.

"Memang ada kemajuan karena api berhasil diisolasi dan tidak sampai merambat ke lahan lainnya. Namun demikian ia juga berharap masyarakat Rohil bisa melakukan Salat Istisqa sehingga hujan bisa turun di wilayah Rohil," harap Azhar.

Azhar juga mengingatkan agar petugas yang berjibaku untuk memikirkan keselamatan saat memadamkan titik api. Jangan sampai memaksakan diri saat asap tebal dan api tengah menyala dengan berada terlalu dekat.(jum/auz)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY