Asisten III Buka Pertandingan Turnamen Open Gasing Kwalian

Jumat,09 September 2016 | 21:18:43 WIB
Asisten III Buka Pertandingan Turnamen Open Gasing Kwalian
Ket Foto : Pertandingan turnamen Open Gasing Kwalian di Kampung Kwalian, Kelurahan Kampung Rempat, Jumat (9/9/2016).

SIAK (jurnalmetronews.com) - Assisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, H Jamaluddin, MSi membuka pertandingan turnamen Open Gasing Kwalian di Kampung Kwalian, Kelurahan Kampung Rempat, Jumat (9/9/2016).

Turnamen itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 71 serta untuk  membangkitkan kembali dan mengembangkan permainan budaya lama supaya tidak hilang di telan zaman.

Sebanyak 12 Tim yang  ikut berlaga dipertandingan Turnamen Open Gasing telah siap bertanding serta juga dihadiri dari perwakilan Persatuan Gasing Pekanbaru, Desa Okura.  
H Arifin selaku panitia penyelenggara mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai memberikan nuansa baru khususnya untuk masyarakat Siak. Tentunya kegiatan ini disuguhi dengan permainan tradisi gasing dengan harapan semoga ke depan permainan  gasing ini bisa  dilestarikan dan dibudayakan kembali di Kabupaten Siak.

"Kami juga berencana melanjutkan pertandingan gasing anak anak nantinya. Dengan tujuan agar anak-anak kita pada sekarang ini akan selalu ingat dengan  Permaianan Rakyat yang telah ada sejak zaman dahulu," kata Arifin.

Permainan Gasing ini merupakan permainan yang sudah lama sejak zaman dahulu. Untuk saat ini sudah dilupakan oleh masyarakat, namun saat ini diangkat kembali Budaya permainan gasing agar tidak terlupakan.

"Semoga dengan adanya turnamnen Gasing ini,bisa kita angkat kembali dan bisa kita tumbuhkan,mengingat pada Zaman sekarang ini telah banyak nya permainan yang sesuai dengan perkembangan zaman," kata Arifin.

Selain itu, katanya, Siak juga pernah mewakili Indonesia saat mengikuti turnamen Gasing di Malaysia. Untuk itulah saya berharap agar Siak bisa menjadi pemain gasing yang lebih banyak serta untuk melestarikan budaya bangsa. Bupati Siak yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Drs H Jamaluddin MSi mengatakan, tentunya  Pemerintah Kabupaten Siak sangat memberikan apresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Panitia Gasing yang berinisiatif dan bersusah payah membuat turnamen permainan gasing ini.

"Tentunya juga permainan gasing ini menjadi permainan rakyat di dunia dan tidak saja di Indonesia, selain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi juga merupakan seni permainan gasing.bagi pandai strateginya, maka itulah letak dari seni permainan gasing tersebut," kata Jamaluddin

Bagi anak-anak diharapkan dapat belajar bermain gasing, karena merupakan seni serta keterampilan dari permainan gasing. Dikatakan jamaluddin, agar  dapat mengembangkan permainan gasing di tempat masing-masing, sehingga bisa diajarkan untuk anak-anak nantinya.

Selain itu, beliau juga mejelaskan, dengan banyaknya permainan gasing, maka nantinya  juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi  masyarakat, apalagi untuk yang membuat gasing tersebut.

"Pada bulan oktober mendatang direncanakan dibuat pertandingan  Open Turnamen Gasing Bupati Cup. Untuk itulah bagi semua kalangan bisa diikutkan.baik dari dalam maupun di luar daerah," imbaunya.

Dalam pembukaan pertandingan Turnamen Open Gasing tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan H Wan Ibrahim, Camat Siak Wan Syaiful Effendi serta tokoh masyarakat.(rls/des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY