Kabid Humas Polda Riau Himbau Pengendara Roda Dua Gunakan Lajur Kiri

Rabu,14 September 2016 | 16:41:33 WIB
Kabid Humas Polda Riau Himbau Pengendara Roda Dua Gunakan Lajur Kiri
Ket Foto : Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Dibangunnya jalan layang di Jalan Jendral Sudirman menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan di Kota Pekanbaru. Akan tetapi, dengan dibangunnya jalan layang yang kerap disebut 'Fly Over' tersebut juga banyak memakan korban jiwa.

Menurut Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo pada Rabu (14/9/2016) siang, mengatakan bahwa salah satu penyebab banyaknya korban kecelakaan lalu lintas di fly over lantaran banyaknya pengendara roda dua yang melintasi fly over tidak pada lajur seharusnya.

"Penyebab kemacetan itu ada beberapa faktor seperti pertambahan kendaraan roda dua yang semakin banyak dan perilaku penggunanya yang tidak mengerti lajur yang seharusnya digunakan," katanya.

Lebih lanjut Guntur menjelaskan bahwa karena di Indonesia tidak memiliki lajur bagi masing-masing jenis kendaraan, pengendara roda dua seharusnya menggunakan lajur di sebelah kiri saat berkendara karena lajur di sebelah kanan itu diperuntukkan bagi kendaraan roda empat.

"Artinya kemampuan untuk memindahkan perangkat kendaraan tidak dimanfaatkan dengan baik, dapat kita asumsikan mereka berpindah lajur dengan seenaknya," jelasnya.

Dia sangat mengapresiasi wacana dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama dengan Satlantas Pekanbaru yang akan membuat aturan bahwa kendaraan roda dua dilarang melintas di fly over. Selain untuk keselamatan bagi pengendara roda dua hal itu juga dibuat untuk mengatasi kemacetan di Pekanbaru.

Selain itu, Guntur juga menghimbau kepada seluruh pengguna roda dua sebelum diberlakukannya aturan baru tersebut, agar mereka tidak mengendarai sepeda motornya secara beriringan di fly over karena hal tersebut juga bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

"Himbauannya agar tidak beriringan karena dapat memengaruhi kendaraan dibelakangnya bisa lebih lambat dan berhenti. Tertib lalu lintas akan mencerminkan tertib budaya bangsa Indonesia," imbaunya.(vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY