PJU Tenaga Surya di Jalintim Banyak yang tak Hidup

Sabtu,17 September 2016 | 17:26:12 WIB
PJU Tenaga Surya di Jalintim Banyak yang tak Hidup
Ket Foto : PJU tenaga surya di Jalintim yang tak menyala, sehingga kawasan sekitar gelap.

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Penerangan jalan umum tenaga surya di sepanjang Jalan Lintas Timur (Jalintim) dari Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci banyak yang tak hidup, akibat baterainya hilang.

Berdasarkan penelusuran Lembaga Peduli Hukum Indonesia (LIPHI) dan jurnalmetronews.com, Jalintim menjadi gelap gulita, akibat PJU tak menyala, sehingga masyarakat di sekitar dan pengendara yang melintas tak mendapatkan penerangan yang cukup, bahkan di Jalintim tersebut rawan terhadap kecelakaan dan kejahatan di jalan.

"Kemarin, ada pengendara sepeda motor yang terjatuh di jalan, karena lampu jalan tak menyala, sehingga gelap," kata salah seorang warga yang tinggal di tepi jalan tersebut, baru-baru ini.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PJU Jalintim, Yugo saat dikonfirmasi mengatakan, PJU yang berada di jalintim tak menyala, karena baterainya diduga dicuri. Selama masa pemeliharaan 3 bulan, PJU tersebut menyala. Namun, setelah itu tak menjadi tanggung jawab pihak rekanan lagi.

PJU tenaga surya di Jalintim, ujarnya, dianggarkan sekitar Rp1 miliar. Namun saat ini, pengelolaannya PJU yang berada di jalan nasional diawasi Kementerian Perhubungan yang berada di Provinsi Jambi."Silakan tanyakan ke sana," tukas Yugo. (war)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY