Dewan Duga Imigran Punya Misi Terselubung

Kamis,19 Maret 2015 | 00:37:28 WIB
Dewan Duga Imigran Punya Misi Terselubung
Ket Foto : Foto: int

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Keberadaan imigran di Kota Pekanbaru yang jumlahnya sudah ribuan dikhawatirkan memiliki misi yang terselubung, apalagi mereka bebas berkeliaran di Kota Pekanbaru.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Rabu (18/3/2015). "Mereka berdalih mencari suaka, tetapi kita tak bisa percaya begitu saja," kata Tengku Azwendi.

T Azwendi menduga, imigran masuk ke ibu kota Provinsi Riau dengan pola terstruktur, bahkan mereka sanggup membayar mahal untuk ke Pekanbaru. "Kita khawatir ada misi tertentu dari mereka. Kalau sekedar mencari suaka tak mungkin," kata Tengku Azwendi.

Menurut politisi Demokrat ini, Kota Pekanbaru dan Riau merupakan sasaran pelarian imigran. Secara geografis, Provinsi Riau memiliki wilayah perairan yang cukup luas dan terintegrasi langsung dengan negara luar.? "Ditambah lagi kondisi daerah Riau saat ini belum memiliki sistem keamanan yang kuat," ujar Azwendi.

Sebelum terlambat, ujar Azwendi, maka kepada pemerintah diharapkan segera bertindak, karena alasan mencari suaka para Imigran tidak jelas dan mengancam sisi sosial, kebudayaan, dan akidah umat Islam yang mayoritas di Pekanbaru.

Sesuai pengamatan ketua komisi II ini, warga terlihat sudah mulai akrab dengan imigran, demikian juga para remaja dan mahasiswa. Maka kondisi ini dikhawatirkan berdampak buruk terhadap pergaulan remaja.? "Barang kali para mahasiswa berinteraksi sekedar belajar memahami bahasa asing, namun dampaknya ke depan semakin lama mereka berinteraksi, kan kita tak tahu. Untuk itu sebelum terlambat, ini harus diantisipasi karena kita yakin mereka ada misi," pinta Azwendi.

Pemerintah Provinsi Riau diminta tegas dengan mengumpulkan imigran di suatu tempat yang jauh dari lingkungan masyarakat.? "Letakkan mereka di luar Pekanbaru, seperti pulau di Bengkalis. Kalau di Pekanbaru kita tak bisa pantau mana yang imigran dan warga tempatan," tukasnya.(jon)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY