Kapolda Riau Resmikan Sistem Pelayanan Online Untuk Warga Siak

Sabtu,08 Oktober 2016 | 19:51:38 WIB
Kapolda Riau Resmikan Sistem Pelayanan Online Untuk Warga Siak
Ket Foto : Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain bersama dengan Kapolres Siak dan Pemkab Siak.
PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Kapolda Riau Brigjen Pol Drs. Zukarnain meresmikan Sistem Peelayanan Online (SI-POLIN) yang bertempat di Mapolres Siak, pada Sabtu (8/10/2016).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Siak Alfedry MSi, Ketua DPRD Siak, Wakapolda Riau KBP Ermy Widyatno, Karo Rena, Karo SDM, Dir Intelkam dan Kabid Humas Polda Riau serta Kapolres Siak AKBP Restika Nainggolan dan personil Polres Siak.

Aplikasi berbasis Android ini berguna bagi masyarakat untuk mengetahui informasi dan mendaftarkan diri pada Sistem Pelayanan Publik Kepolisian yang ada di Polres Siak secara online diantaranya :

1. Laporan dan pengaduan masyarakat pada unit SPKT online.

2. Informasi dan Registrasi pemohonan SIM (Surat Izin Mengemudi) online.

3. Informasi dan Registrasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) online.

4. Informasi Registrasi Pelayanan Perizinan Keramaian.

5. Informasi dan Registrasi Penerimaan Calon Anggota Polri.

Penggunaan Aplikasi Si-Polin bisa di download di Play Store dengan kode Si-Polin. Adapun isi dari aplikasi Si-Polin ini meliputi :

1. Laporan atau Pengaduan masyarakat adalah Pelayanan Publik di bidang SPKT Polres Siak yang berfungsi untuk menerima laporan atau pengaduan masyarakat jika mengalami gangguan keamanan, kehilangan, bencana alam, pencurian perampokan dan sebagainya.

2. Registrasi Sim Online adalah pelayanan Publik di Satuan Lalu Lintas Polres Siak yang berfungsi untuk registrasi pemohon SIM secara online.

3. Registrasi SKCK adalah Pelayanan Publik di Satuan Intel Polres Siak yang berfungsi untuk registrasi permohonan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) secara online.

4. Registrasi Izin Keramaian adalah pelayanan publik di Satuan Intel Polres Siak yang berfungsi untuk registrasi permohonan Perizinan bagi masyarakat yang akan melaksanakan keramaian kegiatan masal secara online.

5. Informasi Penerimaan adalah pelayanan Publik di Polres Siak yang berfungsi untuk registrasi dan pendaftaran penerimaan calon anggota Polri secara online.

"SI-POLIN sebagai bentuk moderenisasi dalam tekhnologi. Dengan dilaunchingnya aplikasi SI-POLIN, diharapkan agar masyarakat ikut berpatisipasi dalam pengawasan kinerja Kepolisian. Agar tidak hanya seremonial saja, agar betul-betul dilaksanakan oleh Polres Siak. Menjadikan Polisi semakin profesional semakin modern dan dipercaya oleh masyarakat," ujar Kapolda Riau Brigjen Pol Drs. Zulkarnain.

Di waktu berbeda, Wakil Bupati Siak Alfedry, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Siak mengapresiasi kinerja Jajaran Polres Siak dalam menertibkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Siak."Kami dari Pemda sangat mengapresiasi ini, karena aplikasi SI-POLIN merupakan inovasi dan bentuk dari pelayanan yang terbaik dari Polres Siak, wujud dari pelayanan Prima Kepolisian," katanya.(vir)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY