Musim Panas, Bupati Rohil Imbau Warga Tak Bakar Lahan

Senin,10 Oktober 2016 | 19:02:47 WIB
Musim Panas, Bupati Rohil Imbau Warga Tak Bakar Lahan
Ket Foto : Bupati Rohil H Suyatno
BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di negeri seribu kubah, Pemerintah Kabupaten Rohil mengimbau semua pihak terutama masyarakat yang kesehariannya sebagai petani dan pekebun untuk senantiasa menjaga lahannya agar tidak terbakar oleh api. Sebab, aaat ini negeri ini masih dilanda musim panas yang tentunya sangat rentan dengan terjadinya kebakaran.

"Kita mengimbau sekali lagi kepada para petani maupun pekebun untuk selalu menjaga lahan pertaniannya dari bahaya api. Misalnya, jauhi rerumputan kering itu dari api puntung rokok dan jangan mencoba-coba membersihkan lahan dengan cara membakar. Karena apabila hal ini sampai dilakukan maka dampaknya akan sangat fatal bagi kita semua. Karena dampak dari membakar lahan itu selain merugikan petani itu sendiri juga merugikan banyak orang dan merusak lingkungan," imbau Bupati Rohil, H Suyatno Amp baru-baru ini, di Bagansiapiapi.

Disebutkan, dirinya bersama pihak terkait lainnya terus menerus menghimbau dan mengingatkan para petani untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar. Karena untuk melakukan pemadamannya membuat semua pihak seperti TNI/Polri dan instansi terkaitnya menjadi repot. Bahkan, ancaman dari memadamkan titik-titik api itu bisa membahayakan keselamatan para petugas dilapangan.

"Kita lihat cuaca saat ini cukup panas, hal ini tentunya membuat tanah menjadi kekeringan yang tentunya sangat rentan terjadi kebakaran jika disentuh oleh api. Untuk itu para petani kita minta untuk senantiasa menjaga lahannya dengan sebaik mungkin," ujarnya.

Jika kebun itu ditinggalkan oleh pemiliknya, maka pemilik kebun harus memastikan tidak ada bekas bara api memasak selama berada di kebun."Jangan bekas api itu dianggap enteng dan ditinggalkan begitu saja, karena jika ada angin kencang maka bara api itu akan terbang dan membuat rerumputan kering menjadi terbakar," pungkasnya.(jum/auz)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY