Tak Kantongi Izin Disperindag

252 Pangkalan Elpiji Ilegal akan Ditertibkan

Rabu,25 Maret 2015 | 17:17:43 WIB
252 Pangkalan Elpiji Ilegal akan Ditertibkan
Ket Foto :

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Dinas Perdagangan Kota Pekanbaru mengultimatum akan menertibkan sebanyak 252  pangkalan yang diduga tak mengantongi izin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, El Syabrina melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Mas Irba H Sulaiman kepada jurnalmetronews.com, Rabu (25/3/2015). "Kami memberikan batas waktu hingga 31 maret ini. Tak ada lagi perpanjangan waktu, kalau tak ada izin akan ditutup," kata Mas Irba.

Setelah batas waktu yang ditentukan, agen elpiji dilarang memasok elpiji 3 kilogram (Kg) ke pangkalan yang tak punya izin dari Disperindag Kota Pekanbaru. Jika masih ditemukan, kata Mas Irban, maka sudah jelas agen elpiji 3 Kg yang yang bermain. Disperindag Kota Pekanbaru akan menyurati PT Pertamina agar pangkalan yang diduga tak punya izin dikeluarkan dari data Sistem Monitoring elpiji 3 kilogram (Simolek).

Dari data Simolek PT Pertamina, ujar Mas Irba, ada 642 pangkalan yang beroperasi di Pekanbaru, sedangkan pangkalan yang sudah mengurus izin ke Disperindag hanya 390, sehingga ada 252 pangkalan yang belum punya izin Disperindag. Padahal, setelah PT Pertamina mengeluarkan rekomendasi, pangkalan wajib mengurus izin ke Disperindag Kota Pekanbaru.
 
"Nanti kami minta setelah 31 Maret, asosiasi agar bertanggung jawab. Berdasarkan kesepakatan, asosiasi Iswana Migas  akan mengeluarkan papan merk hanya untuk pangkalan yang punya izin, sedangkan yang tak punya izin tak akan dikeluarkan papan merk pangkalannya," kata Kabid Perdagangan. (edy)




 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY