Pangkostrad Tutup TMMD Ke-97 Kodim 0303 Bengkalis

Kamis,20 Oktober 2016 | 12:56:42 WIB
Pangkostrad Tutup TMMD Ke-97 Kodim 0303 Bengkalis
Ket Foto : Pangkostrad, LetjenTNI Edy Rahmayadi secara resmi menutup pelaksanaan program TMMD ke-97 Kodim 0303 Bengkalis.
BENGKALIS (jurnalmetronews.com) - Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen), TNI Edy Rahmayadi secara resmi menutup pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 Kodim 0303 Bengkalis di Kecamatan Siak Kecil dan Bukit Batu, yang dipusatkan di Desa Tanjung Damai, Rabu (19/10/16).

  Dengan penuh kebersamaan semangat bergotong royong dan kemanunggalan, lebih kurang satu bulan lamanya dari tanggal 20 September hingga 19 Oktober para prajurit pemerintah daerah dengan segenap komponen masyarakat telah berkerjasama dalam menyelesaikan TMMD ke-97.

  Kebersamaan yang telah lama dibangun dan selalu dijaga dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini.

Salah satu di antaranya dengan membantu pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengapresiasi program yang sangat didambakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

  Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono yang intinya, program TNI Manunggal membangun desa ini telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD).

Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini semakin  dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

  "Pada kesempatan yang baik ini, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dari elemen masyarakat yang telah membantu secara moril karena kegiatan TMMD ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana," ungkap Pangkostrad

  Dalam TMMD ke-97, TNI menyelesaikan 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia.

Di antaranya pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembuatan jalan makadam, rabat jalan,  peningkatan jalan betonisasi dalam semenisasi, serta penimbunan pelebaran dan pengerasan jalan.

  Selain itu TMMD ke-97 ini juga melaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan perehapan jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembuatan sarana olahraga serta renovasi dan pembuatan rumah ibadah serta sekolah, terlaksana juga pembangunan sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat," ungkap Pangkostrad.

Di samping sasaran yang disebut diatas, kita juga telah menyelesaikan catatan-catatan pembangunan non fisik ini dapat dibutuhkan dalam memelihara dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme dalam masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang yang dilancarkan melalui Proxy War maraknya peredaran narkoba.

  “Saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila pada pelaksanaan TMMD yang ke-97 ini terdapat kekeliruan kata dan ucapan para prajurit yang tidak berkenan dihati masyarakat baik sengaja maupun tidak sengaja” ungkap Pangkostrad

  Di akhir sambutannya, Pangkostrad menyampaikan beberapa harapan yang disampaikan KASAD Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD ke- 97 ini adalah memelihara kebersamaan dan semangat gotong royong yang sudah terbina dengan baik.

"Pemeliharaan dan perawatan hasil program TMMD harus dilakukan dengan baik agar usia pakainya lebih lama dan manfaatnya dapat dinikmati masyarakat dalam waktu yang panjang,” ungkap Pangkostrad.

Kepada para Dansatgas TMMD ke-97, KASAD menekankan untuk dilakukan  evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan bakti TNI. Hal tersebut bisa dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

  “Kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih atas semangat dan dedikasi yang kalian tunjukkan dalam kegiatan ini. Segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan,” ucap Pangkostrad.

  Pada acara penutupan TMMD juga turut hadir. Bupati Bengkalis, ketua DPRD, rombongan Dandim 0303 Bengkalis, Wakil Bupati Siak, Camat Siak kecil, Kepala Desa Tanjung Damai dan perangkatnya, Danramil Bukit Batu, Pejabat Eselon II dan III di lingkup Pemkab Bengkalis dan sejumlah kepala UPTD. (Penkostrad/vir)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY