Septina Perempuan Pertama yang Pimpin DPRD Riau

Selasa,25 Oktober 2016 | 21:48:45 WIB
Septina Perempuan Pertama yang Pimpin DPRD Riau
Ket Foto : Ketua DPRD Provinsi Riau, Hj Septina Primawati Rusli.
PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Hj Septina Primawati Rusli secara resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Riau periode 2014-2019, Senin (24/10/2019).

Septina merupakan perempuan Riau Pertama yang menduduki jabatan bergengsi di legislatif tersebut.

Pelantikan Septina merupakan akhir perjalanan panjang istri mantan Gubri HM Rusli Zainal dalam karir politiknya sejak selesai tugas mendampingi suaminya sebagai ibu gubernur selama 10 tahun.

Nama Septina sudah beredar sebagai calon Ketua DPRD Riau sejak selesai Pemilu Legislatif 2014 lalu karena memperoleh suara terbanyak.

Biasanya, partai pemenang akan menunjuk anggota legislatif terpilih yang punya suara terbanyak. Tapi, akhirnya DPP Partai Golkar justru menunjuk Suparman, sebagai Ketua DPRD Riau.

Namun akhir tahun 2015, Suparman mengundurkan diri dari jabatannya karena maju dalam Pilkada Rohul dan berhasil jadi Bupati Rohul.

Akan tetapi, Suparman ditangkap KPK dalam kasus korupsi APBD Riau 2015 bersama mantan Ketua DPRD Riau sebelumnya Johar Firdaus dan kasusnya baru disidang di Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru.

Septina dilantik berdasarkan SK DPP Partai Golkar Nomor R-300/GOLKAR/XL/2015 yang ditandatangani Ketua DPP Partai Golkar.

Gagal sejak awal mendapatkan sesuatu yang  sudah jadi haknya, akhirnya tetap kembali ke tangannya. "Doakan dapat bertugas dengan amanah ya," ujar Septina di sela-sela acara pelantikan di ruang sidang paripurna DPRD Riau, Jalan Sudirnan Pekanbaru. (des)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY