Hakim Tolak Seluruh Permohonan Praperadilan Walhi Atas Polda Riau

Selasa,22 November 2016 | 11:18:58 WIB
Hakim Tolak Seluruh Permohonan Praperadilan Walhi Atas Polda Riau
Ket Foto : Suasana ruang sidang Garuda pada saat putusan SP3 Walhi atass Polda Riau, Selasa (22/11/2016) pagi.
PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Sorta Ria Neva, menolak semua permohonan praperadilan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) atas Polda Riau.

Putusan tersebut dibacakan oleh Hakim tunggal di Ruang Sidang Garuda pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Jalan Teratai, Selasa (22/11/2016) pagi.

"Menolak semua permohonan praperadilan pemohon dan membebankan seluruh biaya perkara ke pemohon sebesar Rp5 ribu," ujar Sorta.

Dalam pertimbangannya, Sorta menilai bahwa proses penyelidikan dan penyidikan dari pihak termohon terkait dengan diterbitkannya SP3 Polda Riau sah dimata hukum.
"Termohon sudah melakukan penghentian penyelidikan dan penyidikan sesuai dengan KUHAP dan Perkap Kapolri. Menimbang alasan diatas ternyata alasan pemohon tidak beralasan," jelasnya.

Atas keberatan Walhi terhadap ketidakabsahannya proses penyelidikan dan penyidikan Polda Riau menerbitkan SP3, Hakim berpendapat bahwa dia tidak bisa menguji hal itu dan tetap pada Undang-undang yang berlaku.(vir)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY