Hapuskan Sistem Rentenir, Perlu Bentuk Koperasi untuk Guru

Selasa,06 Desember 2016 | 13:02:40 WIB
Hapuskan Sistem Rentenir, Perlu Bentuk Koperasi untuk Guru
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

BAGANSIAPIAPI (jurnalmetronews.com) - Keberadaan koperasi memang memiliki banyak manfaat sebagai instrumen untuk peningkatan kesejahteraan. Beranjak dari kesadaran itu anggota DPRD Rokan Hilir, Hj Suryati menegaskan dukungannya untuk pembentukan wadah koperasi bagi kalangan guru minimal bisa dimulai untuk di skala kecamatan terlebih dahulu.

"Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membentuk koperasi apalagi saya melihat para guru memang sangat ingin ada wadah agar mereka bersama-sama dalam koperasi," ujar Suryati di Bagansiapiapi.

Dengan manfaat yang ada di koperasi menurutnya akan dapat mendorong pemberdayaan ekonomi dan berimbas pada membaiknya kesejahteraan bagi para guru. Disadari bahwa masih banyak guru yang hidup dengan kondisi serba pas-pasan terutama yang mengajar dengan status sebagai honorer pemkab Rohil.

Disisi lain, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebutkan, bila ada koperasi diharapkan dapat memutuskan ketergantungan para guru dengan rentenir.

"Tidak tertutup kemungkinan para guru ada yang terjebak dengan sistem rentenir, karena sudah terlanjur berhutang kepada pihak swasta dengan menerapkan pembayaran berbunga," terangnya.

Keadaan itu membuat guru tidak dapat berbuat banyak karena sudah terjebak pada sistem tersebut.

"Marilah kita sama-sama perhatikan masalah ini, bagaimana para guru lebih diperhatikan lagi karena peran guru sangat besar menyangkut generasi muda dan kualitas SDM yang ada," Pungkasnya.(jum/auz)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY