Pemko Diminta Pro Aktif Awasi Makanan

Jumat,10 April 2015 | 01:46:55 WIB
Pemko Diminta Pro Aktif Awasi Makanan
Ket Foto : Foto: int

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Pengawasan makanan tidak hanya menjadi tugas Balai Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru saja, akan tetapi Pemerintah Kota diminta turut pro aktif ikut mengawasi.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pekanbaru, Indra Ginting. "Dari beberapa satuan kerja Pemko, seperti Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Ketahanan Pangan, seharusnya turut melakukan pengawasan terhadap kualitas makanan yang beredar dan bekerja sama dengan BPOM," ujar Indra.

BPOM Kota Pekanbaru, ujarnya, tidak dapat bekerja sendiri. Sudah ada peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Kepala Badan POM Nomor 42 Tahun 2013 dan Nomor 2 Tahun 2013 tentang pengawasan Bahan Berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan.

"Dalam Peraturan itu dijelaskan kepala daerah, Gubernur di tingkat provinsi dan Walikota atau Bupati di tingkat kabupaten dan kota adalah pengarah, sementara Ketua adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Posisi Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan sebagai Wakil Ketua," ucapnya, Rabu (8/4/2015).

Petunjuk teknis dari peraturan tersebut adalah Surat Edaran Mendagri Nomor 511.1/7499/SJ tertanggal 16/12/2014 tentang Pengawasan Bahan Berbahaya yang Disalahgunakan dalam Pangan

Namun perhatian Walikota dan stakeholder dalam pengawasan bahan makanan yang sangat menunjang kesehatan masyarakat ini dirasa sangat minim. Hal ini terbukti minimnya anggaran Pemko yang dialokasikan untuk kepentingan pengawasan bahan  makanan di setiap satuan kerja terkait. (desli)


Editor : Edy Sorkam
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY