Tak Miliki Dokumen Lengkap, 34 Pria dan Satu Wanita TKA Diamankan di Kantor Imigrasi

Rabu,18 Januari 2017 | 14:21:11 WIB
Tak Miliki Dokumen Lengkap, 34 Pria dan Satu Wanita TKA Diamankan di Kantor Imigrasi
Ket Foto : Sejumlah TKA yang diamankan di kantor imigrasi Riau.
PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Sebanyak 34 pria dan seorang wanita tenaga kerja asing (TKA) diamankan di kantor imigrasi Riau, Jalan Teratai, karena tidak memiliki dokumen resmi yang lengkap.

"Yang diamankan ada 34 orang pria dan satu orang perempuan tenaga kerja asing. Semalam TKA ini digrebek oleh tim dari Disnaker Riau di Tenayan, karena tidak memiliki dokumen resmi atau paspor," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Riau, Ferdinan Siagiaan, Rabu (18/1/2017).

Lebih lanjut Ferdinan menjelaskan bahwa sebelumnya tim Disnaker mengamankan sekitar 98 orang. Namun dari 98 orang ini hanya sekitar 35 orang saja yang diamankan di kantor imigrasi.

"Nyatanya kan hanya 35 orang saja. Sekarang mereka sedang diperiksa di kantor imigrasi dahulu," jelasnya.

Apabila dari 35 TKA tersebut terbukti tak dapat menunjukkan dokumen dan identitas yang lengkap, mereka bisa dikenakan sanksi berupa di deportasi.

"Akan kita lihat dulu kasusnya, apakah mereka menyalahi izin tinggal. Bisa saja mereka dideportasi," katanya.

"Kita masih mendalami kasus tersebut. Namun sementara ini, mereka akan ditahan terlebih dahulu disini guna menunggu pengembangan selanjutnya," tuturnya.

Sebelumnya, Disnaker Provinsi Riau, menggrebek para pekerja yang bekerja di perusahaan pengerjaan proyek PLTU, di Kecamatan Tenayan Raya, Selasa (17/1/2017) sore.

Disana, tim menemukan adanya puluhan TKA yang bekerja dan ketika diperiksa mereka tak memiliki dokumen yang lengkap sehingga terpaksa digiring ke kantor keimigrasian untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.(Ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY