Dugaan Korupsi Penertiban SHM

Tetapkan Lima ASN Jadi Tersangka, Kejati Riau Sita 511 Hektare Lahan

Rabu,08 Maret 2017 | 21:04:17 WIB
Tetapkan Lima ASN Jadi Tersangka, Kejati Riau Sita 511 Hektare Lahan
Ket Foto : Ilustrasi penangkapan pelaku korupsi.
PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menetapkan lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pertanahan Pemkab Kampar, sebagai tersangka atas dugaan korupsi penerbitan Sertifikat Hak Milik (SHM) lahan di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Dengan ditetapkannya lima orang tersangka tersebut, sebagai alat bukti Kejati Riau menyita lahan seluas 511 hektare kawasan hutan yang dirubah menjadi kebun sawit.

Adapun lima orang tersangka tersebut diketahui berinisial HN Ketua panitia,  ARN sekrtaris, SB, EE, dan RE sebagai anggota serta ZY.

"Sebenarnya ada satu lagi ET sudah meninggal dunia dan perkaranya batal demi hukum. Sementara itu kelima tersangka akan segera diproses penyidikan, alat bukti sudah diusulkan ke pengadilan," ujar Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Riau, Sugeng Riyanta di Pekanbaru, Rabu (8/3) siang.

Kasus ini mencuat ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Riau menemukan adanya kerugian negara dengan total sekitar 17,45 miliar. Dalam hal tersebut, BPK menemukan adanya penerbitan Surat Hak Milik 217 lembar untuk 28 orang di dalam kawasan Taman Nasional itu pada tahun 2004.

Total tersebut terdiri dari nilai hutang sebanyak aset negara menjadi hak milik tahun perolehan 2004 dan nilai aset setelah jadi kebun sawit.

Sertifikat hak milik tanah yang masuk kawasan hutan itu seluas 500an hektare yang dialihkan jadi milik pribadi. Proses penyidikan sudah mencapai 98 persen dalam pemberkasan, dan konfirmasi alat bukti yang diperoleh.

 "Kita akan naikkan tahap penuntutan secepatnya, saksi sudah 30 lebih diperiksa. Ada enam sakai ahli dati Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Riau, ahli keuangan negara, kehutanan dari Universitas Airlangga," tutupnya.(ica)      
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY