Wako Sampaikan LPJ Apeksi Komwil I Sumatera

Jumat,24 April 2015 | 13:06:36 WIB
Wako Sampaikan  LPJ Apeksi Komwil I  Sumatera
Ket Foto : Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama Walikota Padang memimpin sidang APEKSI Musyawarah Komwil I se-Sumatera di Padang, Jumat (24/4). Foto: Humas

PADANG (jurnalmetronews.com)-  Walikota Pekanbaru, Firdaus, selaku sekretaris Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia Komisariat Wilayah I Sumatera menyampaikan laporan pertanggung jawaban akhir jabatan kepengurusan periode 2012-2015 di Padang, Jumat (24/4/2015).

Dalam agenda ini , ada lima acara yang dilakukan, setelah pembukaan dan ramah tamah digelar Kamis. Pertama, sidang pendahuan, lanjut pembahasan jadwal acara, tata tertip dan pemilihan calon ketua. Sidang pleno berangendakan, membagi komisi jadi tiga. komisi A, B, dan C.

Pada laporannya, Walikota menyampaikan, beberapa program kerja yang telah dilakukan pengurus selama ini, yakni kerjasama antar daerah. Saling tukar menukar informasi dalam menciptakan peluang investasi daerah telah dapat ditempatkan. Terutama dalam menghadapi MEA. Khusus di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi, dan sebagainya. Peningkatan kapasitas pemerintah dilaksanakannya rekomendasi pemerintah pusat pemilihan kewenangan pengelolaan bbnkb/pkb dan PDAM dari provinsi ke kota.

Advokasi dan regulasi merekomendasikan ke pemerintah pusat agar dilakukan advokasi dan perlindungan hukum terhadap kepala daerah dan aparatur lainnya.
Informasi dan komunikasi telah dilaksanakannya hubungan antar pemerintah dan masyarakat, pemerintah dengan dunia usaha baru melalui sistem teknologi informasi.

Infrastruktur dan lingkungan hidup‎ Pelaksanaan tertib tata ruang (pemanfaatan dan pengendalian ruang perkotaan). Walikota Padang, Mahyaldi, dalam pidatonya mengatakan, dengan mengoptimalkan peran birokrasi dalam percepatan investasi daerah di era masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, kebangkitan kota-kota di Sumbagut menjadi besar. "Mari sukseskan Musyawarah Komisariat Wilayah Satu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)," kata Mahyaldi.    

Ia mengatakan, Apeksi mengambil tema 'Mengoptimalkan Peran Birokrasi dalam Percepatan Investasi Daerah di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015'.

Dalam pelaksana Muskomwil I Apeksi dihadiri seluruh pengurus panitia yakni Wali Kota dari lima provinsi yang tergabung dalam komisariat wilayah I, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

"Sejumlah acara Muskomwil tahun ini, seperti penanaman pohon dan pelepasan penyu di Danau Cimpago, Pantai Padang, pembukaan Padang Fair," ungkap Wako Padang, Sumatera Barat, Kamis (23/4/2015).   

Selain itu, lanjutnya, acara yang berlangsung pada 23 hingga 25 April 2015 ini akan mengadakan diskusi-diskusi publik. Ia berharap dalam diskusi itu menteri dapat menjadi bagian dalam acara Muskomwil I Apeksi ini.‎
 "Diupayakan  Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi) serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI sebagai narasumber," Singkatnya

Walikota Pekanbaru Firdaus seusai memimpin sidang menjelaskan kepada wartawan bahwa Apeksi tersebut adalah wadah komunikasi para Walikota di Sumatera dalam pengembangan program dan pendekatan pembangunan daerah, tujuan akhirnya tentu peningktan kesejahateraan daerah dan masyarakat. (rls/dy)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY