Bajak Laut Dumai Ditangkap, Penangkapannya Seperti di Film

Senin,27 Maret 2017 | 14:26:52 WIB
Bajak Laut Dumai Ditangkap, Penangkapannya Seperti di Film
Ket Foto : Ilustrasi.
DUMAI, jurnalmetronews.com - Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Dumai menangkap 5 orang yang diduga melakukan aksi perampokan terhadap Kapal Tanker MT Ping An berbendera Marshall Island di daerah perairan Dumai, Minggu (26/3/2017) sekitar pukul. 01.15 WIB.

Adapun kelima pelaku yang diamankan tersebut diketahui tiga orang merupakan warga Dumai dengan inisial MS (40), RK (22) dan AF (38). Sedangkan dua lainnya merupakan warga Rupat, Bengkalis, berinisial DR (30) dan HN (18).

Kapolres Dumai AKBP DH Ginting mengatakan bahwa kronologi penangkapan terhadap para pelaku ini seperti cerita yang ada di film-film.

"Penangkapannya seperti di film. Mereka loncat ke laut dan mencoba lari. Bahkan mau melawan petugas," katanya, Senin (27/3) pagi.

Lebih jauh Kapolres menceritakan bahwa, penangkapan ini bermula ketika anggota Satpolair Polres Dumai melakukan patroli karena adanya informasi mengenai keberadaan pelaku perampokan yang kerap melakukan aksinya di perairan Dumai.

"Para pelaku dapat diamankan setelah terlebih dahulu sempat menaiki kapal Tanker dengan bendera Marshall Island yang sedang berlabuh di perairan Dumai di titik koordinat 01' 43' 040 N - 101' 26' 310 T," jelasnya.

Kapal yang mengangkut 22 orang Anak Buah Kapal (ABK) asal China ini, sudah lego jangkar sejak tanggal 24 Maret 2017 sekitar pukul 01.00 WIB lalu.

Saat itu kapal tanker dalam keadaan kosong dan berencana akan memuat minyak oil milik PT Surya Dumai dengan tujuan Cina.

Pada saat 4 orang pelaku berada diatas Kapal MT PING AN dan hendak melakukan pencurian, tiba-tiba ABK kapal memergoki salah satu pelaku dan membunyikan alarm kapal sehingga para pelaku melarikan diri dengan menggunakan kapal pompong.

Pada saat itu patroli Satpolair Polres Dumai yang berada tidak jauh dari TKP mencoba menghadang dan menghentikan kapal pompong tersebut.

"Saat petugas hendak mengamankan para pelaku, tiba-tiba empat pelaku melompat ke laut. 3 orang pelaku berhasil diselamatkan sedangkan 1 orang pelaku berinisial AH (22) warga Rupat, Bengkalis sampai saat ini belum ditemukan dan masih dilakukan pencarian," tuturnya.

Setelah melakukan penangkapan terhadap pelaku, polisi pun turut mengamankan barang bukti berupa satu unit kapal pompong tanpa nama, 3 unit handphone, dua gulung tali tambang, bambun karung goni, terpal dan besi cangkok gagang kayu.

"Para pelaku sudah diamankan bersama barang bukti di Mapolres Dumai guna penyidikan lebih lanjut," pungkasnya.(ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY