Pengurus DPD Pujakesuma Siak Dilantik

Selasa,28 Maret 2017 | 11:26:17 WIB
Pengurus DPD Pujakesuma Siak Dilantik
Ket Foto : Bupati Siak memberikan selamat kepada pengurus DPD Pujakesuma Siak yang dilantik.
KANDIS, jurnalmetronews.com - Pelantikan pengurus DPD Pujakesuma (Putra Jawa Keturunan Sumatera) periode 2017-2021 Kabupaten Siak yang diadakan di lapangan sepakbola Kelurahan Belutu Kandis pada Minggu (26/3/2017) dihadiri oleh Bupati Siak, H Syamsuar.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Camat Kandis, Lurah belutu, Danramil 003 Kandis yang diwakili oleh Babinsa Libo jaya (Kopda Satria), Kapolres Siak yang diwakili Kapolsek Kandis (Ernis Sitinjak), Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Riau, Sugiharto.SH, Ketua dan Wakil DPRD Siak, Tokoh-tokoh masyarakat Kandis, Laskar sakai dan beberapa LSM yang ada di Kandis.

Kedatangan Bupati Siak disambut dengan Kesenian budaya adat Jawa Reok dan Tari Gambyong, dan Kesenian budaya adat Melayu serupa tarian tepak sirih juga turut digelar pada acara penyambutan tersebut sebagai bentuk keakraban suku Jawa terhadap suku Melayu ditanah Melayu.

Ketua panitia acara, Suyatno di salah satu pantunnya juga menyebutkan, Pujakesuma mengabdi di tanah Melayu, tentunya akan menggandeng dan bekerjasama dalam pembangunan kabupaten Siak.

Setelah Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Pembacaan ayat suci Al Qur'an juga ikut dikumandangkan, Ngatmin selaku ketua DPD Pujakesuma yang baru dilantik memberikan kata sambutan.

Dalam kata sambutannya Ngatmin mengatakan sejak eksis di tahun 2003 sampai sekarang tentulah mengalami pasang surut, namun tetap mendukung pembangunan Kabupaten Siak ke arah yang lebih baik. "Organisasi pujakesuma tidak berbau politik dan sangat mendukung untuk kemajuan Siak", ujarnya.

Jika pada pilkada sebelumnya Pujakesuma mendukung H Syamsuar, sebagai Bupati Kabupaten Siak, maka pada Pilgubri yang akan datang Pujakesuma akan memberikan dukungannya pada H Syamsuar untuk maju menjadi calon Gubernur Riau.

Ketua DPW Provinsi Riau, Sugiharto sempat memperkenalkan Edi Kirman (78) tokoh sepuh Pujakesuma yang merupakan Sekretaris DPW Pujakesuma Provinsi Riau diawal kata sambutannya, dan menjelaskan keunikan Pujakesuma yang ada di Kandis. "Uniknya Pujakesuma kabupaten Siak ini berada di Kandis, bukan di Siak yang merupakan ibukota kabupaten, hal ini dikarenakan awal berdirinya Pujakesuma Siak ini adalah di Kandis", ujar Sugiharto.

Sugiharto mengharapkan kepada pengurus terpilih untuk segera melebarkan sayap dan merangkul saudara-saudara? jawa di Siak, yang ada di 14 kecamatan di Siak agar membentuk cabang di tiap kecamatannya dengan tujuan mengayomi dan melebarkan sayap, hal tersebut juga berguna untuk mendapatkan data seberapa banyak suku Jawa dikabupaten Siak.

Pujakesuma juga pernah mendapatkan bantuan berupa ambulance dan lainnya dari Syamsuar, maka dari itu Pujakesuma juga berhutang budi kepada beliau, dan daripada itu Sugiharto meminta Pujakesuma Kabupaten Siak untuk menunjukkan loyalitas dalam mendukung Bupati Siak dalam pembangunan siak. "Memberikan segala kemampuan dalam pembangunan Siak, salah satunya dengan cara membayar pajak, membantu anak-anak terlantar, membantu anggota ataupun bukan anggota dan juga suku-suku lainnya? yang ada di Siak," imbaunya.

Ia juga menambahkan, sudah banyak orang Jawa yang berhasil menjadi Bupati di Riau, ini menunjukkan suku Jawa cukup mampu membaur dan dengan suku lainnya di bumi Melayu.

Selain itu Sugiharto pun berharap Bupati Siak H Syamsuar memberikan sepetak tanah untuk dijadikan Kantor Pujakesuma di Siak agar dapat mempermudah kerjasama dengan masyarakat Siak dalam pembangunan Siak. "Mari kita satukan Pujakesuma dengan suku lainnya untuk membangun Siak," ujarnya.

Tidak menunggu lama Bupati Siak pun merespon permintaan tersebut dengan menyerahkan bantuan dana untuk pembelian lahan perkantoran kepada Ketua DPD pujakesuma Kabupaten Siak (Ngatmin).

Dalam kata sambutannya Bupati Siak mengatakan ia telah mempersiapkan sedikit dana untuk pembelian lahan perkantoran tersebut, bahkan sebelum disampaikan oleh Sugiharto, dalam hal lain H Syamsuar juga menyampaikan ia sudah merencanakan pembuatan jalan dari Kandis ke Siak yang lebih dekat, tapi hal tersebut belum terwujud karena butuh rekomendasi dari Gubernur Riau.(rls)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY