Bupati Siak Tinjau Pertanian Cabai milik Elvi

Sabtu,08 April 2017 | 09:01:33 WIB
Bupati Siak Tinjau Pertanian Cabai milik Elvi
Ket Foto : Bupati Siak berada di tengah-tengah pertanian cabai merah milik masyarakat.
SIAK, jurnalmetronews.com - Bupati Siak, H Syamsuar meninjau pertanian cabai merah milik masyarakat seluas seperempat hektare di belakang Kantor KUA Siak, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Jumat (8/4/2017).

Kunjungan itu, Bupati didampingi Ketua DPRD Indra Gunawan dan Camat Siak Aditya Citra Asmara.

Lahan cabai merah milik Elvi Erwandi bisa panen tiap 3 bulan (100 hari) untuk jenis rajo merah keriting. Hasil panen cabai dijual ke sejumlah pasar, bahkan ada pembeli yang datang langsung ke kebun . 

"Panen kali ini masuk yang ke empat, sebelumnya kami pesimis kebun cabai ini bisa panen karena akhir-akhir ini cuaca sering turun hujan, namun berkat usaha dan kerja keras bersama anggota kelompok, sebanyak 4000 batang cabai siap dipanen," ujarnya.

Elvi mengaku banyak kendala yang dihadapi, namun ini tak membuat ia menyerah, terlebih muncul perasaan senang karena untuk pertama kalinya dapat memanen cabai bersama Bupati.

Sementara itu, Bupati Siak H Syamsuar bersyukur karena masyarakat dapat memanfaatkan lahan mereka untuk menanam cabai.

Tanaman cabai, ujar Bupati, sangat berpengaruh terhadap inflasi, ada juga beberapa komponen lainya seperti bawang , beras dan daging yang dapat mengakibatkan harga barang meningkat namun daya beli masyarakat menurun. 

Syamsuar mengharapkan kepada masyarakat yang memiliki lahan agar dapat digunakan menanam dan juga untuk mengurangi lahan tidur yang tidak produktif. Ke depan akan dicoba untuk mengembangkan jenis tanaman jagung, dan tebu. 

"Pengelolaan kebun cabai yang selama ini swadaya masyarakat, nantinya akan mendapatkan bantuan dari APBN 2017, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak juga memberikan sokongan kepada petani dengan memberikan benih tanaman, pupuk dan juga kebutuhan lainya termasuk kebutuhan lahan yang diharapkan agar para camat dapat melakukan koordinasi dengan masyarakat terkait hal tersebut," sebutnya.

Selanjutnya Syamsuar berpesan jika ingin sukses petani tidak boleh cepat menyerah, jika dalam menanam terjadi gagal panen, maka hal ini yang dijadikan pemicu agar petani bisa terus kreatif mencari alternatif lain, sehingga kebun petani berhasil. Ke depan Bupati mengajak pemuda bisa menanam agar tercapai swasembada pangan di Kabupaten Siak. (rls)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY